SuaraKawan.com
Opini - Politik

“Kalau makan uang haram kecil-kecil, ya okelah..”

Merdeka!

“Kalau makan uang haram kecil-kecil, ya okelah..” Orang pasti mengira yang berbicara seperti itu adalah orang yang menghalalkan segala cara untuk “makan uang” atau orang yang tidak tahu bedanya haram dan halal.

Banyak orang yang terkejut termasuk saya ketika mengetahui yang bicara itu adalah Anggota Komisi IX DPRRI F-Golkar Melchias Marcus Mekeng Kemudian ditambahkan oleh Yang Mulia MMM ,“ Saya bilang ke anak-anak saya, kalau kita makan uang haram kebanyakan akan dibuka oleh Tuhan dengan cara seperti itu ( anaknya ribut, orang tuanya kena).”

Pernyataan tersebut dikeluarkannya pada saat rapat dengan Kementerian Keuangan pada Senin 27 Maret 2023. Teori Sigmund Freud sangat kompleks dan teori perkembangan psikoseksualnya menjadi dasar bagi perkembangan kepribadian kita.

Freud mengemukakan lima teori kepribadian dan menggambarkan kekuatan pendorong berbeda yang berkembang selama fase perkembangan manusia karena mereka memainkan peran penting dalam cara kita berinteraksi satu sama lain dan dengan dunia.

Superego adalah bagian ketiga dari pembentukan kepribadian dalam teori struktural Freud, yang juga disebut sebagai struktur pikiran. Superego terbentuk dan berkembang sekitar usia 3-5 tahun pada tahap perkembangan psikoseksual. Seorang anak laki-laki belajar mengidentifikasi diri dengan ayahnya, anak perempuan dengan ibunya. Identifikasi itu terus berkembang hingga remaja.

Superego merupakan salah satu bagian dari psyche dalam teori psikoanalitik yang merepresentasikan internalisasi hati nurani orang tua dan aturan-aturan masyarakat. Super Ego adalah perumusan moral dan penilaian tentang benar dan salah.

Super ego akan memikirkan apakah keputusan atau perilaku yang diambil itu benar secara moral atau tidak. Kunci kepribadian yang sehat adalah keseimbangan antara Id, Ego dan Super Ego. Superego berjuang untuk kesempurnaan dalam perspektif dan perilaku moral. Misalnya jika Id tergoda untuk mencuri, Super ego mengintervensi dengan mengaktifkan hati nurani seseorang untuk mengatakan itu salah.

Hukum halal dan haram merupakan salah satu yang banyak berkaitan dengan ajaran agama Islam. Dapat dikatakan halal adalah sesuatu yang jika dilakukan tidak mendapat siksa atau dosa. Sedangkan, haram adalah sesuatu yang dilarang tegas oleh Allah untuk dilakukan, orang yang melanggarnya diancam siksa oleh Allah di akhirat.

Jadi jelas apapun yang haram besar atau kecil adalah dilarang tegas oleh Allah dan orang yang melanggarnya akan disiksa oleh Allah diakherat.

Kembali ke MMM Anggota Komisi IX diawal tulisan ini. Dia adalah orang yang diragukan keutuhan bangunan Super Egonya karena tidak bisa membedakan perilaku yang baik atau buruk. Dia juga  tidak tahu beda antara sesuatu yang haram dan halal dan memiliki konsepsi yang salah tentang aturan Allah Lebih parah lagi, dia menurunkan ajaran yang salah dan merusak moral anak-anaknya yang merupakan generasi penerus bangsa dengan menghalalkan haram. Berapa batasan uang haram kecil ? Pertanyaan untuk rakyat:

“Apakah Anggota DPRRI yang memperbolehkan orang makan uang haram kecil-kecil masih pantas dan berhak disebut Yang Mulia? Lagi-lagi tergantung bos atau juragan partai. Menyedihkan sekali nasib rakyat yang diwakili oleh orang-orang yang kondisi moralnya diragukan.

“Mendidik manusia dalam pikiran dan bukan dalam moral berarti mendidik ancaman bagi masyarakat”. Theodore Roosevelt (Presiden Amerika Serikat yang Ke-26)

 

Retno Triani Soekonjono

Psikolog

Related posts

Warga Bingung cari Rumah Sakit, Komisi D Minta ada Aplikasi Khusus

Redaksi Surabaya

Money Politic ; Pileg Terbuka atau Tertutup

Redaksi Surabaya

Jokowi Kecewa PPKM Tak Efektif, PDIP: PPKM Harus Lebih Tegas

Redaksi Surabaya