SuaraKawan.com
Opini - Politik

Rapat Pleno Golkar, Membahas Pengganti Azis Syamsuddin?

Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Golkar akan menggelar rapat pleno Senin (27/9/2021) malam, namun dia tidak menyebut akan membahas nama pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Airlangga tiba di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021), sekitar pukul 19.08 WIB.

“Jadi pertama, ini rapat pengurus serta tentu membahas agendanya adalah terkait dengan pembahasan undang-undang di DPR,” ujar dia.

Namun saat ditanya apakah rapat pleno ini juga membahas pergantian jabatan Azis di DPR, Airlangga masih bungkam.

1. Airlangga ungkap rapat pleno Golkar bahas RUU KUP dan Pemilu 2024

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021).

Airlangga menjelaskan rapat pleno Golkar akan membahas mengenai Rancangan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP). Menurutnya, RUU ini krusial.

Bendahara Umum Partai Golkar yang juga Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto, menurut Airlangga, akan menjelaskan RUU KUP dalam rapat pleno.

“Karena KUP ini sangat menentukan, terutama terkait dengan target pendapatan di 2022 dan berikutnya. Ini penting untuk pertumbuhan ekonomi, menjaga momentum pasca-penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian itu.

Airlangga juga menyebut rapat pleno Golkar akan membahas Pemilu 2024. Dia menyebutkan belum ada kepastian kapan Pemilu 2024 digelar, karena itu perlu dibahas agar partainya bisa melakukan persiapan.

“Terkait dengan yang kemarin yang disampaikan untuk pemilu, kapan diputuskan, bulannya kapan, anggaran kemarin sudah dimasukkan Rp60 triliun. Kemudian konsekuensinya seperti apa. Berikut tentu terkait internal dalam rangka persiapan itu, tentu ada persiapan fungsionalis,” kata dia.

2. Rapat pleno juga bahas HUT Golkar

Selain itu, Airlangga mengatakan, rapat pleno juga membahas hari ulang tahun (HUT) ke-57 Partai Golkar. Dalam rapat ini, akan ditentukan siapa kader partai yang akan menjadi panitia.

“Karena 20 (Oktober) nanti Golkar berulang tahun. Nah dan itu juga bertepatan dengan Maulid Nabi,” kata dia.

3. Golkar akan gelar rapat pleno bahas Azis Syamsuddin

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK terkait kasus dugagan suap perkara di Lampung Timur. Partai Golkar pun akan melakukan rapat pleno untuk membahas siapa yang akan menggantikan Azis sebagai pimpinan DPR.

“Jadi rencananya baru malam ini itu ada rapat pleno DPP Partai Golkar untuk memutuskan calon yang ditunjuk oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto, untuk mengganti saudara Azis Syamsudin,” kata Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/9/2021).

Adies mengatakan rapat pleno diperkirakan mulai pukul 19.30 WIB di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat. Rapat yang digelar internal ini akan dihadiri semua pengurus, baik secara langsung maupun virtual.

Namun, Adies belum memastikan kapan Golkar akan mengumumkan nama yang akan menggantikan Azis. Dia hanya mengatakan pengumuman bisa malam ini atau besok (28/9/2021).

“Kalau feeling saya sudah dikantongi ketua umum, jadi sudah dikantongi nama (pengganti Azis) tersebut, jadi tinggal nanti malam itu disampaikan di dalam rapat pleno,” ucapnya.

Lebih lanjut, Adies mengatakan, rapat pleno juga akan memutuskan posisi Azis Syamsuddin di Partai Golkar. “Nanti malam juga akan diputuskan (posisi Azis di kepengurusan),” Adies menambahkan. [TS]

Related posts

Berdaulat dari Pengusaha Rente

Redaksi Surabaya

Terkendala Syarat Usia, Emil Dardak Tak Bisa Jadi Capres atau Cawapres

redaksi

Apakah Ada Peran Ketua Partai Politik di Balik Isu 3 Periode?

Redaksi Surabaya