SuaraKawan.com
Parsosbud

Candi Arjuna Akulturasi Agama dan Budaya Lokal

Kawasan Dieng memiliki potensi wisata alam dan religi. Salah satunya adalah Candi Arjuna. Berada di Dieng Kulon Kec. Batur Kab. Banjarnegara Jateng. Ada beberapa candi lain yang memgitari, seperti Candi Semar, Sembadra dan Puntadewa.

Jika kita berada di lokasi, tampak dataran dieng mengitari. Di sudut lereng ada tulisan tampak dari bawah, “DIENG BANJARNEGARA”. Sebuah panorama indah ciptaan Tuhan.

Candi ini biasa digunakan upacara Galungan bagi umat Hindu. Ada keunikan, Candi ini juga digunakan untuk upacara adat potong rambut gimbal. Sebuah akulturasi antara ritual agama dan budaya lokal.

Kawasan muslim taat, memberikan mata pencaharian warga

Meski candi ini menjadi ikon umat Hindu, tetapi berada di kawasan muslim taat dan berpendidikan. Sebelum masuk area candi, ada sekolah SMK NU yang cukup besar. Candi ini juga memberikan pencaharian bagi warga sekitar yang mayoritas muslim.

Dilihat dari para pedagang yang mayoritas perempuan berjilbab, tampak mereka muslim taat. Inilah cerminan moderasi beragama yang disuguhkan orang pedesaan di puncak Dieng.

Related posts

Kerkhof Makam Belanda Nan Bersejarah

Redaksi Surabaya

Tuban adalah Pelabuhan Besar, Nasibmu Kini

Redaksi Surabaya

Segi Tiga Cinta di Mataram

Redaksi Surabaya