SuaraKawan.com
Sidoarjo

Andri Chrystanto (ACT) Ajak Generasi Muda Bersatu Perkuat Jiwa Nasionalisme

 

Foto :Andri Chrystanto (ACT) Politisi Partai Gerindra 

SIDOARJOterkini – Politisi partai Gerindra Sidoarjo, Andri Chrystanto (ACT) mengajak generasi muda untuk turut menjaga Marwah bulan kemerdekaan dengan mempererat nilai kesatuan dan persatuan.

Andri mengatakan, peringatan Dirgahayu RI bukan sekadar perayaan belaka. Peringatan kemerdekaan Indonesia menjadi sebuah momen penting untuk meningkatkan jiwa nasionalisme khususnya generasi muda.

“Momen bulan kemerdekaan ini menjadi bagian penting untuk menjadi titik refleksi perjalanan kemerdekaan Indonesia dimana kita, khususnya anak-anak muda ini harus berkontemplasi untuk menilik sejauh mana cita-cita dari ­Founding Fathers telah tercapai,” kata Andri dalam keterangannya, Jumat (11/8).

Dia menyesalkan generasi muda saat ini seakan acuh terhadap kegiatan-kegiatan untuk memperingati kemerdekaan bangsa. Padahal, hal itu merupakan hal yang biasa sebagai bagian dari perayaan merupakan yang mampu memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Andri menegaskan anak muda harus bisa berfikir kritis, komunikasi yang baik, kreatif dalam berfikir serta kolaborasi yang apik dengan berbagai pihak apalagi di bulan kemerdekaan peran serta mereka sangat dibutuhkan dalam memperkuat marwah kemerdekaan.

Dari empat point’ itu Andri menyebut nya 4C untuk slogan kampanyenya yang dikemas dengan bahasa inggris, Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, dan Collaboration.

Andri Chrystanto caleg partai Gerindra Sidoarjo dapil 1 Sidoarjo, Buduran dan Sedati itu mengatakan, generasi muda harus menyadari pentingnya 4C yang ia sebut sebagai pedoman hidup bermasyarakat dan semua sektor kehidupan. Baik ditempat kerja dan sebagainya.

“Lebih dari itu, kita semestinya sebagai anak muda juga bisa memaknai perayaan tersebut sebagai bagian penting dari perjuangan dan sejarah bangsa. Indonesia merupakan negara unik yang lahir dari persatuan dan kesatuan masyarakatnya terutama oleh peran pemuda,” ungkap loyalis Bambang Haryo Soekartono itu.

Andri menambahkan, pemuda saat ini dipandang begitu penting baik dalam kehidupan berbangsa maupun dalam kehidupan bernegara. Dengan segala kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya, pemuda merupakan sebuah komunitas lapisan masyarakat yang mampu merombak arah masyarakat.

“Kita dapat melihat bagaimana pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkenaan dengan perannya untuk menjaga marwah kemerdekaan dimana cita-cita pendiri bangsa harus diperjuangkan,” tuturnya.

Sebagai pembawa perubahan (agent of change), dalam hal ini pemuda dituntut untuk bisa berbuat baik dan benar. Pemuda mempunyai suatu tanggung jawab moral terhadap diri sebagai seorang individu dan sebagai kaum pembawa perubahan untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan nilai-nilai moral yang hidup dalam masyarakat.(cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Launching Babinsa Duta Informasi Positif, Dandim 0816/Sidoarjo Ajak Babinsa Lawan Berita Hoax

redaksi

Gandeng BNNK Sidoarjo, TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Berantas Narkoba Dengan Sosialisasi Ke Emak-emak

redaksi

PGN Mengenalkan dan Sharing Basic Safety di SMPN 3 Lamongan

redaksi