SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Kodim 0816/Sidoarjo Gelar Cangkrukan Bela Negara Tanamkan Wawasan Kebangsaan pada Warga Candi

 

(SIDOARJOterkini) – Cangkrukan Bela Negara Sidoarjo Siap 24 Jam Kodim 0816/Sidoarjo digelar di Pendopo Kecamatan Candi bersama Forkopimka Candi dan masyarakat dihadiri Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0816 Sidoarjo Mayor Chb Supriyanto, Kamis 20 Oktober 2022.

Acara Cangkrukan dengan tema Semangat, Inovasi, Aman dan Peduli selama 24 Jam tersebut tampak dihadiri, Sekretaris Camat Candi Surojul, Danramil 0816/02 Candi Kapten Inf Siswanto beserta anggota, Kapolsek Candi Kompol Drs. Soegeng Prajitno, Pasi Ter Kodim 0816 Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri beserta anggota, Kepala Puskesmas Candi serta warga Kecamatan candi.

Pada kesempatan tersebut Danramil 0816/02 Kapten Inf Siswanto mengatakan, Cangkrukan bela negara yang digelar Kodim 0816 Sidoarjo untuk menumbuhkan kecintaan warga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan kepada Pancasila dan UUD 1945.

“Kegiatan cangkrukan bela negara kali ini sangat sesuai dengan situasi dan kondisi negara akhir-akhir ini,”ungkap Danramil.

Sementara itu Kasdim 0816 Sidoarjo Mayor Chb Supriyanto menjelaskan, kegiatan cangkrukan bela negara merupakan bagian dari upaya pencerahan bagi seluruh warga masyarakat, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Kedaulatan negara dan keutuhan wilayah Indonesia. Kegiatan Cangkrukan Bela Negara dalam rangkaian kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam sebagai upaya mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan siap membela tanah air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara

“Bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI namun seluruh masyarakat sesuai kemampuan dan profesi masing masing,” tuturnya.

Dijelaskan Kepala Staf Kodim 0816/Sidoarjo, kesadaran bela negara itu sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh masyarakat, sebagai perwujudan dari revolusi mental sekaligus sebagai upaya membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas tantangan dan ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang kokoh. Keragaman budaya, suku, agama, bahasa dan adat istiadat yang didasari pada Pancasila.

“Dengan menjaga semangat serta selalu mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari hari, negara dan bangsa Indonesia akan tetap jaya. Karenanya semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara sesuai Pasal 30 ayat (1) UUD 1945, ” tegas Mayor Chb Supriyanto.(cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Layani Sepenuh Hati, Polisi Tuban Gendong Warga Disabilitas Saat Penyaluran Bantuan Tunai

Redaksi Mojokerto

Penandatanganan kerjasama Dan Peresmian Tax Center STKIP PGRI Sumenep

redaksi

Percepat capaian target, Forkopimda Jatim Cek gelaran Vaksinasi serentak di Magetan

Redaksi Mojokerto