SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Petugas Rutan Perempuan Temukan Kartu Remi Hasil Kreasi Warga Binaan

 

SIDOARJOterkini  – Pengamanan ketat yang dilakukan Rutan Perempuan Surabaya membuat warga binaan menempuh berbagai cara untuk bisa menggunakan barang-barang yang dilarang. Salah satunya dengan membuat kartu remi untuk mengusir kejenuhan. ada-ada saja.

“Kalau kita lihat barangnya (kartu remi buatan warga binaan, red), merupakan produk kreatif warga binaan, namun harus kami sita karena memang dilarang,” ujar Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Asep Sutandar, Rabu (22/11).

Menurut Asep, ditemukannya kartu remi buatan warga binaan ini berawal dari kegiatan penggeledahan kamar hunian pada Selasa siang (21/11). Penggeledahan yang dilakukan oleh seluruh petugas ini menyasar seluruh kamar hunian, baik di lantai atas maupun bawah.

“Sesuai arahan Kakanwil Kemenkumham Jatim Bapak Heni Yuwono, seluruh lapas dan rutan penggeledahan rutin, dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan serta ketertiban,” terang Asep.

Petugas berhasil mengamankan beberapa barang terlarang yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan. Salah satu barang yang berhasil diamankan petugas adalah kartu remi handmade alias buatan warga binaan sendiri.

“Kartu remi ini berpotensi jadi sarana perjudian, dikhawatirkan akan menimbulkan konflik sosial antar warga binaan karena timbul utang piutang,” tutur Kepala Rutan Perempuan Surabaya, Amiek Diyah Ambarwati.

Amiek menegaskan bahwa kartu remi termasuk yang dilarang untuk masuk di rutan. Sehingga para warga binaan berkreasi untuk membuat kartu sendiri.

“Ya, tentu saja ini sesuatu hal yang unik. Tapi tetap saja, kartu remi ini dilarang, sehingga kami amankan sebagai bentuk antisipasi,” jelas Amiek.

Selain melakukan penggeledahan, petugas juga melaksanakan tes urine secara acak terhadap 50 orang warga binaan. Hasilnya, seluruh warga binaan yang menjalani tes urine dinyatakan negatif dari penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang

Penggeledahan dilakukan secara teliti dan tetap mengedepankan sikap humanis kepada warga binaan. Dalam penggeledahan kali ini, tidak ditemukan handphone maupun narkoba. (cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Bupati Sidoarjo Ingatkan Pernikahan Dini Jadi Penyebab Anak Stunting

redaksi

Curi 2 Celdam Wanita di Perumahan Gebang Sidoarjo, Pria Paruh Baya Dihajar Warga

redaksi

Puncak Harjasda ke-165, Ngaji Bareng Gus Iqdam Untuk Sidoarjo Semakin Gemilang

redaksi