SuaraKawan.com
Trenggalek

Manfaatkan Pembelajaran Hybrid latihanpolisi.id, Polisi Trenggalek Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana

Polres Trenggalek – Konsistensi Polres Trenggalek dalam meningkat kompetensi personelnya memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, Kepolisian Bumi Menak Sopal ini secara khusus memiliki aplikasi pembelajaran hybrid latihanpolisi.id yang dapat diakses online maupun offline.

Untuk mendukung hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar latihan peningkatan kemampuan (Latkatpuan) dengan metode pembelajaran kelas yang diikuti oleh perwakilan satuan fungsi, bagian dan seksi serta personel Polsek jajaran melalui fasilitas virtual yang disediakan oleh aplikasi latihanpolisi.id.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah digelar dengan materi Turjawali Satsamapta. Kali ini, materi adalah mitigasi bencana. Agar lebih komprehensif, selain tenaga instruktur dari internal Polres Trenggalek juga menghadirkan nara sumber dari kantor Basarnas Trenggalek dan BPBD Kabupaten Trenggalek yang memang memiliki kompetensi dibidang mitigasi bencana. Jumat, (25/2).

KabagSDM Polres Trenggalek, Kompol M. Solichin, S.H. saat membuka pembelajaran kelas mengatakan, materi pembelajaran ini sangat penting mengingat Kabupaten Trenggalek dengan wilayah pegunungan relatif rentan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor termasuk bencana tsunami karena memiliki tiga kecamatan wilayah pesisir.

“Pemahaman mitigasi bencana ini sangat penting, sehingga pengerahan anggota saat terjadi bencana benar-benar mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukan termasuk kerjasama dan kolaborasi dengan Badan SAR maupun BPBD.” Ujar Kompol Solichin.

Masih kata Kompol Solichin, pembelajaran mitigasi bencana bersama ini tidak hanya sebatas teori semata tetapi juga akan diberikan simulasi penanganan bencana secara simultan dan berkesinambungan. Tentunya melibatkan stakeholder dan nara sumber dari instansi berkompeten.

Pihaknya berharap dengan pembelajaran mitigasi bencana ini, wawasan anggota semakin berkembang didukung dengan kemampuan penanggulangan yang lebih baik selaras dengan sinergitas antar lembaga yang juga turut meningkat.

Seperti diketahui bersama, untuk meningkatlkan kompetansi personel, Polres Trenggalek telah meluncurkan aplikasi latihanpolisi.id. Aplikasi hybrid ini merupakan implementasi dari Polri Presisi untuk mewujudkan SDM Polri yang unggul/Police 4.0 sekaligus menjawab tantangan zaman yang terus berkembang dengan memanfaatkan teknologi Learning Management System (LMS)

Beberapa keterampilan dan pengetahuan yang dapat dipelajari dan disosialisasikan kepada anggota Polri, seperti kecerdasan emosi, manajemen konflik kekerasan, pendidikan kemajemukan dan multikulturalisme, dan komunikasi efektif. Uniknya, aplikasi latihanpolisi.id ini dapat diakses secara online maupun offline. Disediakan pula modul dan video pembelajaran yang dapat dipelajari kapanpun dan dimanapun.

Related posts

Ini Langkah Antisipatif Satlantas Polres Trenggalek Jelang Mudik Lebaran

Wong Nggalek

Cegah Terpapar Covid-19, Polres Trenggalek Bagikan Vitamin dan Masker

Wong Nggalek

Hadiri Upacara Hari Santri Nasional, Ini Pesan Wakapolres Trenggalek

Wong Nggalek