SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Kodim 0816/Sidoarjo Menggelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023

 

Foto : Komandan Kodim 086 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo saat memimpin upacara Peringatan Hari Juang TNI AD di Makodim (15/12)

SIDOARJOterkini – Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo memimpin upacara peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Kodim 0816/Sidoarjo dengan diikuti oleh seluruh anggota Kodim 0816/Sidoarjo, Satuan TNI wilayah Kabupaten Sidoarjo dan PNS. Jum’at, (15/12/2023).

Upacara peringatan hari juang TNI AD diselenggarakan untuk menghormati dan mengenang perjuangan TNI AD dalam menjaga kelangsungan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Acara ini juga menjadi momen penting untuk mengapresiasi pengabdian dan pengorbanan para prajurit TNI AD dalam menjaga keamanan dan perdamaian di tanah air.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo membacakan amanat Kepala Staf TNI AD yang menyatakan Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam makna untuk NKRI”. Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD – Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam. Hadirin dan Peserta Upacara sekalian, Kemanunggalan TNI AD-rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan.”

“Di era globalisasi saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial. Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks. Selain itu, kita juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama, termasuk TNI AD. TNI AD memiliki kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam. Kita dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam.”

“Tahun 2024 merupakan Tahun politik oleh karena itu, kita harus belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran.Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI.” pungkasnya.

Upacara Hari Juang TNI AD dilaksanakan dengan khidmat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. (cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Menghadiri Acara Bersih Desa

redaksi

Bupati Sidoarjo Tinjau Kawasan Terdampak Angin Puting Beliung di Desa Medaeng

redaksi

Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Hadiri Kegiatan Posyandu Karang Werda Kebaron

redaksi