SuaraKawan.com
Trenggalek

Pengamanan Akhir Pekan, Polres Trenggalek Gelar Patroli dan Amankan Destinasi Wisata

Polres Trenggalek – Memasuki akhir pekan, jajaran kepolisian menggelar pengamanan di sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Trenggalek. Pengamanan ini dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan wisatan yang berkunjung di sejumlah lokasi wisata. Minggu, (29/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susila Basuki, S.Sos., mengungkapkan, pengamanan destonasi wisata digelar oleh masing-masing Polsek jajaran sesuai dengan tingkat kerawanan.

“Iya betul. Skala prioritas kita saat akhir pekan memang lokasi wisata. Untuk tingkat Polres, selain pengamanan di objek wisata yang ada di lingkar kota juga mem-backup pengamanan di lokasi wisata yang kerap menjadi jujukan warga seperti pesisir Watulimo, kemudian wilayah Gandusari, Kampak dan Tugu.” Ujarnya

Pihaknya menuturkan, saat hari libur biasa seperti hari Minggu ini, meski tak signifikan, jumlah wisatawan memang cenderung mengalami peningkatan. Imbasnya adalah, jalur menuju lokasi wisata menjadi lebih padat dan tentunya turut berpengaruh terhadap potensi gangguan yang ada.

Pola pengamanan yang diterapkanpun lebih kepada pola preemtif dan reventif dengan mengedepankan pendekatan humanisme. Tujuannya tak lain dan tak bukan agar wisatawan merasa aman dan nyaman serta membawa dampak posisitf terhadap roda ekonomi masyarakat.

“Personel yang dikerahkan juga kita pertebal dibanding hari biasa. Minimal dua regu.” Imbuhnya.

Disamping itu, jalur menuju lokasi wisata juga menjadi salah satu perhatian. Penempatan personel pada titik-titik rawan kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas menjadi opsi yang relevan sebagai salah satu upaya pencegahan.

“Personel kita teptakan mulai dari Durenan, kemudian Jalur Lintas Selatan (JLS) dan titik-titik rawan lainnya.” Pungkasnya.