SuaraKawan.com
Trenggalek

Tak Peduli Gerimis, Sejumlah Polisi Nekat Bersihkan Rambu Dari Aksi Vandalisme

Polres Trenggalek – Aksi para Polantas di Trenggalek ini perlu mendapatkan acungan jempol. Bagaimana tidak, para Polantas yang merupakan anggota Unit Kamsel Satlantas Polres Trenggalek ini nampak membersihkan rambu-rambu lalu lintas. Kamis, (8/8).

Hal ini bukan tanpa sebab. Rambu-rambu tersebut terlihat sudah kusam dan dipenuhi dengan coretan dan bekas stiker sehingga mengurangi keindahan dan fungsi dari rambu lalu lintas itu sendiri.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Mulyani, S.E., M.Si. menegaskan, jauh hari sebelumnya, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap beberapa Rambu lalu lintas yang mengalami vandalisme, baik berupa coretan maupun tertutup stiker.

“Hasilnya, kurang lebih ada 5 titik rambu yang tertutup coretan akibat vandalisme maupun stiker. Keseluruhan berada di Jalan Panglima Sudirman” Ujarnya

Meski cuaca kurang bersahabat, petugas tetap semangat membersihkan dibantu dengan peralatan seperti kepi dan air sabun yang memang tekah disiapkan sebelumnya. Tak butuh waktu lama, rambu lalu lintas pun Kembali kinclong dan terlihat lebih bersih.

Masih kata AKP Mulyani, fungsi dan manfaat rambu lalulintas ini cukup besar bagi pengguna jalan. Selain sebagai petunjuk, menjadikan lalu lintas lebih teratur serta mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas.

“Oleh sebab itu, rambu lalu lintas haruslah mudah dilihat dan jelas.” Imbuhnya.

Melalui aksi bersih-bersih ini, pihaknya berharap tidak ada lagi melakukan hal negatif yang dapat mengganggu fungsi dari rambu lalu lintas baik berupa coretan, stiker atau bahkan merusak sehingga dapat berimplikasi pada pengguna jalan.

Sementara itu, Yudha warga setempat menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh para Polantas ini. Menurutnya, rambu yang kusam dan penuh coratan maupun tempelan stiker tersebut sangat mengganggu estitika dan mengaburkan gambar atau tanda yang tertera dalam rambu. Hal ini membuat para pengguna jalan menjadi bingung.

“Tolonglah bagi siapa saja yang suka corat coret rambu hentikan. Rambu ini untuk kepentingan Bersama. Selayaknya juga kita rawat Bersama. Untuk pak polisi, jempol empat pak. Matur nuwun.” Ucapnya.