SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Hindari Over Kapasitas, 39 Napi Lapas Kelas II A Sidoarjo Dipindahkan ke Madiun dan Ngawi

 

SIDOARJOterkini – Sebanyak 39 Narapidana Lapas Kelas IIA Sidoarjo dilimpahkan ke beberapa lembaga pemasyarakatan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi over kapasitas di kamar-kamar tahanan Lapas Delta tersebut, Kamis 20 Juni 2024.

Kalapas Sidoarjo Sugeng Hardono mengatakan bahwa ada sebanyak 39 narapidana yang dilakukan pemindahan ke Lapas Ngawi dan Lapas Madiun.

“Pemindahan tersebut dilakukan untuk menghindari over kapasitas dan juga memaksimalkan pembinaan narapidana dalam lapas,”ungkapnya.

Dikatakannya, Setidaknya ada sekitar hampir 2.000 lebih narapidana di Lapas Sidoarjo. Sehingga perlu ada pengurangan. Dari 39 orang, sebanyak 21 narapidana dipindahkan ke Lapas Madiun dan sisanya diantar ke Lapas Ngawi.

Menurutnya lapas dengan jumlah napi yang melebihi kapasitas bisa menimbulkan adanya gangguan kondusifitas. Hingga bahkan penyebaran penyakit di dalam lembaga pemasyarakatan.

“Dengan ini kita harapkan kondisi di tahanan bisa lebih kondusif,” ungkapnya.

Sugeng mengungkapkan bahwa narapidana yang dipindahkan ini memang memenuhi beberapa syarat tertentu. Mulai dari masa tahanan narapidana yang masih panjang hingga lebih mendekatkan narapidana ke kota asalnya agar keluarga mudah menjenguk dan memberi dukungan.

“Tentunya dokumen sudah dilimpahkan ke lapas tujuan dan kita dibantu pihak kepolisian untuk menjaga keamanan proses pemindahan,” jelasnya.

Untuk pelimpahan kali ini diketahui didominasi oleh narapidana perkara narkoba. Sedangkan sisanya ada sekitar lima orang yang merupakan narapidana perkara pidana umum..

“Di Lapas ini jumlah Narapidana Narkoba paling banyak pada beberapa bulan terakhir,”ucapnya.

Pemindahan narapidana kali ini adalah kedua kalinya dilakukan Lapas Sidoarjo dalam dua bulan terakhir. Sebelumnya pada Mei lalu sebanyak 30 narapidana dipindahkan ke Lapas Ponorogo dan juga Lapas Madiun. (cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Gubernur Khofifah Pastikan Hewan Kurban Jatim Sehat dan Ketersediaan Surplus

redaksi

Kecelakaan Libatkan Truk dan Motor di Jalan Kemangsen Balongbendo, 2 Orang Luka Serius

redaksi

DPC PPP Sidoarjo Daftarkan 50 Bacaleg, Targetkan Raih 6 Kursi di Dewan

redaksi