SuaraKawan.com
Surabaya

Mengawali Tahun 2024, 3 WNA Pakistan Dideportasi Kanim Tanjung Perak Deportasi

Ketiga WNA Pakistan dikawal petugas Imigrasi Tanjung Perak sampai ke dalam pesawat yang hendak ditumpangi di Bandara Internasional Juanda.

Surabaya, suarakawan.com – Tiga Warga Negara Asing (WNA) Pakistan dideportasi Kantor Imigrasi (Kanim) Tanjung Perak, Kemenkumham Jatim, Kamis (4/1/2024) petang.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak Verico Sandi, Warga Negara Asing asal Pakistan tersebut merupakan ex-tahanan Kejaksaan Tanjung Perak yang telah selesai menjalani masa hukumannya.

“Ketiga WNA Pakistan ini telah selesai menjalani masa tahanannya selama 4 bulan dengan dikenakan Pasal 363 ayat (1) Ke 3 dan Ke 4 KUHP,” ujar Verico, Jumat (5/1/2024).

Ketiga Warga Negara Pakistan tersebut, lanjut Verico, dideportasi melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan menggunakan Maskapai Penerbangan Thai Airways Airlines TG 435, tujuan Jakarta – Bangkok (Thailand).

Dan dilanjutkan dengan maskapai yang sama TG 34, tujuan Bangkok – Karachi (Pakistan) dengan dikawal oleh 4 (empat) orang petugas yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Arief Satriawan.

Mereka dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) berupa deportasi dan penangkalan berdasarkan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Orang asing dimaksud telah melakukan kegiatan yang membahayakan keamanan dan ketertiban umum, serta tidak menghormati dan tidak mentaati peraturan perundang-undangan,” pungkas Verico.(dul)

Related posts

Imigrasi Tanjung Perak Ajak Ketua RT Tingkatkan Pengawasan dan Keberadaan Orang Asing

redaksi

Lahan Parkir Kantor Imigrasi Tanjung Perak Sempit, Layanan tak Maksimal

redaksi