SuaraKawan.com
Mojokerto

Kapolresta Mojokerto Peringati Hari Lahir Pancasila di Sekolah Soekarno Kecil

Upacara Virtual dalam Rangka Hari Lahir Pancasila 1 Juni terasa Berbeda di Kota Mojokerto, Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan S.I.K., S.h., M.H., Hadir dalam Upacara yang di gelar di SDN Purwotengah Tempat Soekarno Kecil dulu Bersekolah.

Merayakan momen tersebut, Pemerintah Kota Mojokerto menggelar napak tilas perjalanan masa kecil Bung Karno. Selama dua hari, kegiatan napak tilas diselenggarakan di dua Sekolah Dasar (SD) tempat Kusno, nama kecil Bung Karno, menempuh pendidikan dasar.

“Ini merupakan napak tilas sang Proklamator maka kami selalu Pemerintah Kota Mojokerto membangkitkan kembali sejarah beliau di Kota Mojokerto,” ungkap Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Rabu (1/6/2022).

Ning Ita, sapaan akrabnya, berharap dengan kegiatan tersebut warga Kota Mojokerto bisa memahami perjalanan sejarah Presiden Republik Indonesia pertama tersebut. Terlebih masa-masa kecil hingga remaja Bung Karno yang lebih banyak dihabiskan di Mojokerto.

“Termasuk permainan Kusno saat kecil, kemudian jejak-jejak sejarah serta kegiatan lain yang merepresentasikan pemikiran Soekarno yang sangat visioner dan juga nasionalisme. Ini semua dalam rangka untuk penghormatan kita kepada Sang Proklamator,” katanya.

Sehingga diharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan literasi sejarah kepada masyarakat luas bahwa Kota Mojokerto merupakan saksi sejarah napak tilas sang Proklamator. Selama 8,5 tahun, masa kecil hingga remaja dihabiskan di kota dengan motto Spirit of Majapahit tersebut.

“Hari ini, kita melaksanakan upacara Hari Lahirnya Pancasila dengan peserta seluruh kepala sekolah mulai dari SD hingga SMA, baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Mojokerto. Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Camat, Lurah dan jajaran Forkopimda tentunya,” jelasnya.

Related posts

Pengurus Bumdes dan Kelompok Tani Berikan Apresiasi Keberhasilan Polres Ponorogo Menangkap Pencuri Alat Pertanian

Redaksi Mojokerto

Terjadi Aksi Pemukulan Remaja Oleh Suporter Bola, Polisi Telusuri Pelaku

Redaksi Mojokerto

Singo Wulung dari Polres Bondowoso Akan Tampil di Malam Puncak Harmoni Nusantara Polda Jatim 2022

Redaksi Mojokerto