SuaraKawan.com
Jatim

Tekan Fatalitas Korban Kecelakaan, Satlantas Polres Mojokerto Gelar Pelatihan PPGD

MOJOKERTO – Libur panjang sepertinya tidak berlaku bagi petugas Kepolisian. Bagaimana tidak, disaat masyarakat lainnya bisa menikmati masa libur panjang dan cuti bersama, petugas Kepolisian justru disbukkan dengan berbagai pengamanan dan kegiatan rutin lainnya demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kanitlaka Polres Mojokerto Ipda Wihandoko, S.H., M.H. ini. Didampingi oleh beberapa anggota lainnya, Ipda Wihandoko menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan penanganan pertama gawat darurat (PPGD) terhadap korban kecelakaan lalu lintas khususnya di jalur blackspot. Rabu, (28/10).

Dalam kegiatan yang digelar Balai Desa Japan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto  tersebut, Ipda Wihandoko memaparkan tentang pentingnya peran serta masyarakat untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Kita berkoborasi dengan personel dari PMI, jadi materi yang disampaikan lebih komprehensif mulai dari pencegahan sampai dengan penanganan korban kecelakaan lalu lintas.” Ucap Ipda Wihandoko

Lebih lanjut Ipda Wihandoko menuturkan, dalam penanganan korban kecelakaan lalu lintas, karena ketidak tahuan masyarakat justru seringkali membahayakan jiwa korban itu sendiri. Oleh sebab itu, menurutnya, edukasi seperti menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk disampaikan kepada masyarakat secara luas.

“Jangan sampai niat yang awalnya ingin menolong justru menambah fatalitas korban. Ada tehnik-tehnik tertentu yang harus dipahami. Bagaimana cara mengangkat korban dan lain-lain” Imbuhnya

Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, masih kata Ipda Wihandoko, ada perlakuan khusus agar terhindar dari penularan Covid-19. Warga yang ingin menolong diupayakan tetap mengenakan masker dan sarung tangan. Jika memungkinkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Pihaknya berharap, dengan pelatihan ini dapat menekan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan masyarakat dapat menerapkannya saat menghadapi situasi dimana harus menolong korban kecelakaan lalu lintas.

“Yang terpenting adalah selalu mentaati peraturan lalu lintas dan jangan lupa tetap disiplin protokol kesehatan” Pesannya.

Related posts

Pelatihan Senam Borgol dan Tongkat Guna Tingkatkan Kemampuan Personil Polresta Mojokerto

Redaksi Mojokerto

Jangan Pakai Knalpot Brong Atau Berakhir Seperti Ini

Wong Nggalek

Kapolda Jatim: Polisi Dalam Tugas dan Tanggung Jawab Harus Menerima Kritik dan Masukkan untuk Perbaikan Kedepan

Redaksi Mojokerto