SuaraKawan.com
Trenggalek

Tanah longsor dan Pohon Tumbang, Polres Trenggalek Kerahkan Personel Evakuasi

Polres Trenggalek – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Trenggalek semalam mengakibatkan terjadinya tanah longsor hingga pohon tumbang di sejumlah lokasi. Beberapa diantaranya Bahkan menyebabkan kerusakan rumah dan bangunan sekolah. Jumat, (24/6).

Tembok penahan jalan tepatnya di jalan raya Munjungan-Panggul masuk Desa Craken Kecamatan  Munjungan dilaporkan longsor. Longsor dengan panjang lebih kurang 8 meter dan tinggi 5 meter tersebut mengakibatkan material tanah bercampur air memenuhi badan jalan.

Di Kecamatan Watulimo, plesengan pagar rumah salah satu warga di Desa Sawahan diketahui ambrol dengan ketinggian 4 meter dan lebar 10 meter. Sementara di Desa Slawe, sebuah pohon jenis Sengon tumbang dan menimpa dapur rumah salah satu warga. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun diperkirakan korban mengalami kerugian mencapai Rp. 10 juta.

Tanah longsor juga dilaporkan terjadi di Desa Banjar Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Tanah longsor tersebut menerjang dinding rumah milik salah satu warga hingga jebol dengan lebar mencapai 2 meter. Sedangkan di Desa Botoputih Kecamatan Bendungan longsor dilaporkan menerjang rumah warga hingga mengalami kerusakan relatif parah.

Sementara itu, Gedung SD satu atap yang berada di Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak roboh setelah sebelumnya di wilayah tersebut diguyur hujan deras disertai angin kencang.

Tembok Penahan Jalan di Desa Pandean Kecamatan Dongko dilaporkan ambrol sepanjang kurang lebih 6 Meter dan tinggi 5 Meter dan menimpa rumah warga. Tak berhenti disitu, tembok Penahan Halaman Sekolah (TPHS) SDN 1 Salamwates longsor sepanjang 17 Meter  dengan tinggi 6 meter.

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. mengatakan, untuk penanganan bencana alam , pihaknya telah menerjunkan Satgas Bencana baik dari tingkat Polsek jajaran maupun Polres. Evakuasi dilakukan bersinergi bersama instansi terkait dan masyarakat setempat.

“Mengingat saat ini cuaca masih tidak menentu, kami imbau masyarakat agar lebih waspada dan hati-hati. Jika mengetahui bencana alam sekecil apapaun agar segera melaporkan kepada tiga pilar maupun Polsek terdekat agar bisa segera dilakukan penanganan.” Ujarnya.

Related posts

Gempa Cianjur, Polres Trenggalek Kirim Bantuan Sosial

Wong Nggalek

Vaksinasi dan Bantuan Sosial Polres Trenggalek, Peringati Hut ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara

Wong Nggalek

Kunjungi Purnawirawan Polwan, AKP Meita Anisa Saputra: Kartini Masa Kini

Wong Nggalek