SuaraKawan.com
Trenggalek

Sembari Patroli Jalan Kaki, Petugas Buka Ruang Dialog dengan Pedagang Maupun Pengunjung Pasar

Polres Trenggalek – Patroli merupakan salah satu langkah kepolisian yang dilakukan oleh sejumlah petugas dengan cara berkeliling untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat sekaligus upaya mencegah niat dan kesempatan para pelaku kejahatan.

Bagi masyarakat awam, patroli polisi lebih banyak dilakukan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun siapa sangka sebenarnya ada satu metode patroli yang kerap dilakukan petugas yakni patrol jalan kaki.

Patroli jalan kaki ini efektif dilakukan pada sasaran atau objek dengan jangkauan yang tidak terlalu luas tetapi merupakan satu klaster lingkungan atau komunitas tertentu dan memang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor.

Seperti halnya yang dilakukan oleh unit patroli Samapta Polres Trenggalek ini. Untuk memberikan rasa aman kepada pada pedagang dan pengunjung, menggelar patroli jalan kaki di pasar basah, Kabupaten Trenggalek. Jumat, (12/8).

Sejumlah petugas ini blusukan kedalam pasar, berkeliling untuk memastikan kondisi kamtibmas di lingkungan pasar tersebut benar-benar aman. Tak berhenti disitu, petugas juga menyapa dan berbincang dengan para pedagang maupun pengunjung pasar.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasatsamapta AKP Supadi, S.H. mengakatakan pihaknya mengerahkan sedikitnya dua tim patroli jalan kaki dengan sasaran yang berbeda yakni Pasar Basah dan Pasar Pon Trenggalek. Masing-masing beranggotakan lima personel yang dipimpin oleh satu orang perwira.

“Dengan berdialog langsung dengan masyarakat kita bisa mengetahui secara pasti tentang kondisi keamanan di lapangan serta menyerap aspirasi, masukan dan saran masyarakat.” Jelasnya.

Masukan tersebut lanjut AKP Supadi nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan tindak lanjutnya sehingga masyarakat benar-benar bisa merasakan manfaat kehadiran polisi.

Related posts

Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021, Kapolres Trenggalek: Selamatkan Gerenasi Muda

Wong Nggalek

Digelar Serentak, Vaksinasi Khusus Santri di Dua Ponpes di Trenggalek

Wong Nggalek

Gaktibplin Polres Trenggalek Digelar Serentak, Ini Hasilnya

Wong Nggalek