SuaraKawan.com
Trenggalek

Ratusan Personel Polres Trenggalek Dikerahkan Amankan Kegiatan Pencak Silat

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menggelar apel gabungan di halaman Mapolres. Apel gabungan ini digelar dalam rangka pengamanan pengesahan warga baru salah satu perguruan pencak silat di Kabupaten Trenggalek. Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. memimpin langsung jalannya apel tersebut. Sabtu, (13/8)

AKBP Alith mengatakan, pihaknya all out mengamankan kegiatan pencak silat tersebut. Seluruh perkuatan dikerahkan untuk memastikan situasi dan kondisi keamanan tetap kondusif selama kegiatan berlangsung.

“Beberapa hari yang lalu kita sudah lakukan rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi dan langkah tindak berikut pola pengamanan yang dilakukan.” Ujar AKBP Alith.

Dalam proses pengamanan lanjut AKBP Alith, pihaknya mengintruksikan kepada seluruh petugas yang terlibat untuk selalu mengedepankan sikap humanis tanpa mengurangi sikap tegas. Jika menemukan pelanggaran pidana, agar dilakukan penindakan hukum secara profesional untuk menekan potensi konflik yang lebih besar.

“Kita imbau kepada para pendekar maupun civitas pencak silat untuk saling menghormati, selalu menjaga kedamaian dan kesejukan serta bersama-sama menciptakan keamanan yang kondusif. Ayo bareng-bareng jogo Trenggalek.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Trenggalek Kompol Jimmy Heryanto Hasiholan M, S.H., S.I.K. mengatakan, dalam pengamanan kali ini, Polres Trenggalek menerjunkan sedikitnya 1.285 personel yang terdiri dari 500 orang Polri, 5 orang dari Subdenpom TNI, 150 personel Kodim 0806, 100 orang Satpol PP dan 30 orang dari Dishub serta melibatkan 500 orang Pamter.

Disamping itu, pengamanan juga di bantu oleh jajaran Polres Tulungagung, Pacitan, Ponorogo, Kediri dan Blitar yang akan mengamankan wilayah perbatasan di masing-masing wilayah.

Tak jauh berbeda dengan pengamanan sebelumnya, pola pengamanan yang diterapkan, selain menempatkan personel secara stationer pada titik-titik rawan dan penyekatan pada pintu masuk perbatasan Kabupaten Trenggalek juga menerjunkan personel patroli mobile baik terbuka maupun tertutup. Unit Patroli ini bertugas meminimalisir konvoi para penggembira serta mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas lainnya.

“Kita juga siagakan sedikitnya 1 SSK personel oncall di Mako yang bisa digerakkan sewaktu-waktu saat terjadi situasi kontijensi.” Ucapnya.

Pihaknya berharap dengan pola pengamanan ini, seluruh rangkaian kegiatan pengesahan warga baru perguruan pencak silat ini dapat berjalan aman dan lancar serta situasi Kamtibmas di Kabupaten Trenggalek tetap kondusif.

Usai apel, seluruh personel langsung bergerak menempati pos masing-masing sesuai dengan pembagian tugas, dimana setiap pos dikendalikan oleh seorang perwira pengendali.

Related posts

Gerak Cepat Satgas Bencana Polres Trenggalek Evakuasi Longsor dan Pohon Tumbang

Wong Nggalek

Karo SDM Polda Jatim Serahkan Penghargaan Kapolri Kepada Keluarga Brigadir Anumerta Fajar Yoyok Pujiono

Wong Nggalek

Kapolres Trenggalek: Manuto Prokes dan Ikuti Vaksinasi

Wong Nggalek