SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

`Jaranan Presisi` Hari Bhayangkara ke-76 di Trenggalek Dipadati Penonton

Polres Trenggalek – Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 yang jatuh tepat tanggal 1 Juli 2022 mendatang, Polres trenggalek mendapat kado istimewa dari para seniman yang tergabung dalam Paguyuban Jaranan Banteng Krido Kembang Jagad Kabupaten Trenggalek.

Bersinergi bersama Polres Trenggalek, para seniman seni budaya khas Mataraman khususnya Kabupaten Trenggalek tersebut menggelar pagelaran tari jaranan bertajuk `Jaranan Presisi` di pelataran Pasar Pon Trenggalek. Pagelaran ini diikuti oleh sejumlah sanggar tari jaranan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Sabtu, (25/6).

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Terlebih pagelaran digelar sebagai apresiasi terhadap Polri sekaligus memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini berkenan memotong tumpeng sebagai penanda Hari Jadi Korp Bhayangkara dan menyerahkan potongan pertama kepada Trimo selaku Ketua Paguyuban Jaranan Banteng Krido Kembang Jagad.

“Selaku pribadi dan pimpinan Polres Trenggalek mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada komunitas masyarakat khususnya Paguyuban Jaranan Banteng Krido Kembang Jagad Kabupaten Trenggalek yang telah mengadakan acara ini.” Ujar AKBP Dwiasi.

“Jaranan Presisi adalah wujud nyata sinergitas Polri dengan masyarakat khususnya para pemerhati maupun civitas seni tari jaranan di Kabupaten Trenggalek.” Imbuhnya.

Lebih lanjut AKBP Dwiasi mengatakan, seni tari jaranan merupakan bagian dari tradisi atau budaya yang wajib dilestarikan oleh semua pihak. Menurutnya, kesenian tari jaranan ini bukan sebatas hiburan semata tetapi memiliki nilai filosofi yang sangat mendalam. Selain menggambarkan ksatria dan kepahlawanan juga melambangkan semangat dan perjuangan untuk mencapai kejayaan.

Pihaknya juga menyerahkan plakat penghargaan yang diterima langsung oleh Trimo selaku ketua paguyuban seni jaranan Kabupaten Trenggalek atas dedikasinya dan berperan aktif melestarikan budaya seni jaranan di Kabupaten Trenggalek.

“Dengan pagelaran ini masyarakat bisa turut bergembira sekaligus memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76.” Ucapnya.

Disamping memberi hiburan gratis untuk masyarakat, dalam kesempatan tersebut AKBP Dwiasi menyerahkan bantuan sosial kepada puluhan warga tak mampu. Bantuan berupa paket sembako ini merupakan bentuk kepedulian jajaran Kepolisian sekaligus gerakan sosial memperingati Hari Bhayangkara.

Sementara itu Trimo, Ketua Paguyuban Jaranan Banteng Krido Kembang Jagad Trenggalek mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Kepolisian yang selama ini telah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pelaku seni setelah hampir dua tahun vakum akibat terdampak pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah saat ini sudah bisa eksis kembali dan malam hari ini kami ikut berpartisipasi memperingati Hari Bhayangkara ke-76.” Ucapnya.

Turut hadir memeriahkan acara tersebut antara lain, Dandim 0806 Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S. Sos, Wakil Bupati Trenggalek Syah M. Natanegara, S.H, Wakil DPRD Trenggalek Doding Rahmadi, pejabat utama Polres Trenggalek, Muspika Trenggalek, kepala OPD terkait serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Related posts

Sertijab Kapolres Trenggalek, AKBP Alith Alarino, S.I.K. Disambut Kalungan Bunga hingga Gerbang Pora

Wong Nggalek

Sindikat Penyelundupan Benih Lobster LN Diringkus Ditpolairud Polda Jatim

Redaksi Mojokerto

Pantau Lewat Heli, Polri Sebut Arus Mudik Cikampek-Kalikangkung Normal

Redaksi Mojokerto