SuaraKawan.com
Trenggalek

Gelar Tes Urine, Kapolres Trenggalek Instruksikan Tindak Tegas Anggota yang Terlibat Narkoba

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menggelar pemeriksaan Narkoba kepada sejumlah anggotanya. Usai apel pagi, puluhan personel diarahkan ke lobi Mapolres untuk diambil sampel urine dengan pengawalan dan pengawasan ketat dari Sipropam. Selasa, (23/8).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. menuturkan, pemeriksaan urine ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri maupun Kapolda Jatim agar personel Polri tidak ada yang bermain-main dengan Narkoba.

Selain memang sudah menjadi rutinitas, pemeriksaan urine tersebut juga dilakukan dalam rangka mendukung suksesnya operasi tumpas Narkoba Semeru 2022 yang digelar sejak tanggal 22 Agustrus 2022 kemarin.

“Kita tidak bisa membersihkan lantai dengan sapu yang kotor. Oleh sebab itu, kita bersihkan dulu secara internal. Jika ada anggota bermain, saya pastikan ditindak tegas. Tidak ada toleransi.” Tegas AKBP Alith.

Sementara itu, Kasipropam Polres Trenggalek Iptu Muhtar, S.A.P., yang memimpin langsung jalannya kegiatan tersebut mengatakan, tes urine ini diselenggarakan oleh Sipropam Polres Trenggalek bekerjasama dengan Sidokkes bersama Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung.

“Untuk prosesnya, kita lakukan secara mendadak dan personel yang di cek urine dipilih secara acak dengan prioritas anggota yang bekerja di bidang operasional.” Ungkap Iptu Muhtar.

Masih kata Iptu Muhtar, untuk memperlancar kegiatan sedikitnya lima petugas medis dilibatkan. Sedangkan test urine menggunakan multi drug test atau stik narkoba 6 parameter. Pengambilan sampel urine dilakukan di toilet yang kebetulan berada tak jauh dari ruang Sipropam dengan pengawasan melekat. Hal ini dilakukan untuk menghindari rekayasa ataupun pelanggaran lain oleh anggota.

“Dari 76 anggota yang di periksa urine, secara keseluruhan hasilnya negatif.” Pungkasnya.

Related posts

Pengamanan Pengajian Akbar Gus Miftah, Polres Trenggalek Kerahkan Personel

Wong Nggalek

Bersama Stakeholder, Polres Trenggalek Sukses Evakuasi 312 Warga Isoman ke Isoter

Wong Nggalek

Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Ini Pesan Kapolres Trenggalek

Wong Nggalek