SuaraKawan.com
Trenggalek

Waspada PMK, Polres Trenggalek Lakukan Edukasi Via Radio

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek terus mensosialisasikan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak khususnya bagi para peternak yang ada di Kabupaten Trenggalek. Selain mendatangi langsung sentra pasar hewan dan mendatangi peternak, petugas juga melakukan edukasi melalui siaran radio.

Berkolaborasi dengan Satbinmas, Sihumas Polres Trenggalek menggelar sosialisasi edukasi PMK di radio Praja Angkasa Trenggalek. Senin, (30/5).

“Iya benar. Hari ini kami menggandeng stasiun radio FM untuk mensosialisasikan Kembali tentang penanganan penyakit mulut dan kuku yang menjangkiti hewan ternak. Hal ini dilakukan agar masyarakat atau para peternak mengetahui cara penanganan dan memahami apa yang harus dilakukan saat mengetahui indikasi hewan ternak yang terserang PMK.” Ujar Iptu Suswanto.

Iptu Suswanto mengatakan, gejala PMK yang menyerang hewan ternak antara lain, suhu tinggi, mulut berlendir, hedung melepuh, nafsu makan berkurang, kaki pincang, luka pada celah kuku dan nafas memburu.

Jika mengetahui hal tersebut, langkah awal yang bisa dilakukan adalah segera lakukan pemisahan hewan ternak yang sakit dengan yang sehat, gunakan APD saat memegang hewan yang sedang sakit untuk menghindari penularan pada hewan ternak yang sehat.

Selain itu, lakukan proses desinfeksi mandiri pada kandang serta menjaga kebersihan hewan ternak serta segera menghubungi mantri atau dokter hewan terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Jika proses pengobatan tidak berhasil, atas rekomendasi mantri atau dokter hewan dapat dilakukan pemotongan paksa. Sedangkan hewan yang yang mati dikuburkan lalu disiram cairan disinfektan.

Hewan ternak tidak boleh keluar atau masuk dari dan ke daerah wabah. Jika terpaksa harus membawa surat keterangan sehat dari dinas peternakan setempat.

Selain terkait PMK, dalam kesempatan tersebut Iptu Suswanto juga menginformasikan lomba menulis surat untuk Kapolri 2022 yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76.

“Lomba ini dibagi dalam tiga ketegori yakni kategori pelajar SD/SDLB, SMP/SMPLB dan SMA/SMK/SMALB. Tema bebas.” Imbuhnya.

Pelaksanaan lomba dilaksanakan mul;ai tanggal 25 Mei sampai 13 Juni 2022. Bagi para pelajar yang berminat dapat mendaftarkan diri melalui portal tribratanews.polri.go.id atau contact person Whatsapp 0821 1167 5372 mulai pukul 09.00 sampai 17.00 Wib.

Related posts

Lepas Tim Bola Voli Pra Porprov Jatim, Kapolres Trenggalek Optimis Raih Juara

Wong Nggalek

Aniaya Tukang Becak Hingga Tewas, Pria Ini Terancam 15 Tahun Penjara

Wong Nggalek

Tinjau Sosialisasi dan Pemeriksaan Hewan Ternak, Kapolres Trenggalek: Masifkan Penanganan PMK

Wong Nggalek