SuaraKawan.com
Terkini

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Mapolres Trenggalek Berlangsung Khidmat

Polres Trenggalek – Tanggal 28 Oktober diperingati setiap tahun oleh rakyat Indonesia sebagai hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan tonggak gerakan kepemudaan Indonesia dalam menyikapi perbedaan sikap kedaerahaan, suku, ras dan agama.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Wakapolres Kompol Haryanto, S.H., S.I.K., M.M. kepada tim redaksi usai mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah pemuda yang digelar di alun-alun Kabupaten Trenggalek. Jumat, (28/10).

“Keragaman adalah salah satu modal besar yang seharusnya menjadi kekuatan untuk bersama-sama, bersatu membangun Indonesia yang lebih baik sesuai dengan tema hari Sumpah Pemuda, bersatu bangun bangsa” Ungkap Kompol Haryanto.

Pihaknya mengungkapkan bahwa sejarah telah mencatat bagaimana peran pemuda Indonesia saat itu menggelorakan semangat persatuan yang kemudian sukses mengantarkan pada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Tantangan pemuda hari ini mungkin berbeda. Perkembangan teknologi yang demikian pesat, persaingan dunia yang ketat ditambah dengan kemajuan ilmu pengetahuan harus dijawab dengan prestasi.  Namun satu hal yang harus tetap menyala di dalam dada generasi muda Indonesia adalah semangat persatuan sebagai satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia.” Imbuhnya.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia serta merupakan pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Selain mengirimkan personel untuk mengikuti upacara di alun-alun, Kepolisian Resor Trenggalek juga menggelar upacara di halaman Mapolres yang diikuti oleh seluruh anggota Polres dan perwakilan Polsek jajaran.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kompol Jimmy Heryanto Hasiholan, S.H., S.I.K.., dan perwira upacara dipercayakan kepada KabagSDM  Kompol Moch Solichin, S.H. Sedangkan Komandan Upacara diamanatkan kepada Ipda Sanusi, S.H.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda, gelokaran terus semangat persatuan.” Pungkasnya

Related posts

Forkopimda Jatim Gelar FGD, Tertibkan Tambang Ilegal 

Wong Nggalek

Menkopolhukam RI Melaksanakan Dialog Bersama Forkopimda Jatim, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat di Kabupaten Bangkalan

Wong Nggalek

Polres Gresik Berhasil Mengungkap Praktek Bisnis Elpiji Oplosan

Wong Nggalek