SuaraKawan.com
Trenggalek

Upacara Adat Larung Sembonyo di Trenggalek Berlangsung Kondusif

Polres Trenggalek – Pagelaran upacara adat labuh laut/larung Sembonyo di pantai Prigi Kecamatan Watulimo berlangsung meriah. Ribuan masyarakat dari berbagai daerah hadir menyaksikan kegiatan adat budaya para nelayan tersebut. Sabtu, (18/6).

Guna memastikan kegiatan berlangsung denga naman dan lancar, Kepolsian Resor Trenggalek mengerahkan sedikitnya 200 personel pengamanan yang merupakan gabungan dari personel Polres dan Polsek jajaran.

Dikonfirmasi terpisah Kasihumas Polres Trenggalek, Iptu Suswanto, S.H., mengatakan upacara adat Sembonyo yang rutin digelar setiap tahun ini memang memilki daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang menyaksikan. Tidak hanya lokal Kabupaten Trenggalek saja tetapi hingga luar daerah.

Membludaknya wisatawan tersebut tentu berdampak pula pada potensi gangguan Kamtibmas yang munkin muncul selama kegiatan berlangsung. Oleh sebab itu Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek benar-benar all out melakukan pengamanan.

“Untuk hari ini ada beberapa agenda yang kita amankan. Yang pertama arak-arakan tumpeng raksasa upacara labuh laut larung sembonyo, kemudian wayang kulit nanti malam.” Jelas Iptu Suswanto.

Sama seperti kegiatan lainnya, pola pengamanan yang diterapkan adalah preventif humanis. Personel yang dilibatkan dibagi dalam tiga ring sesuai dengan potensi gangguan Kamtibmas. Selain itu, ada pula petugas pengawalan serta patroli mobile untuk mencegah terjadinya kriminalitas maupun kejahatan jalanan.

“Alhamdulillah, hingga selesai acara labuh laut berjalan dengan kondusif.” Pungkasnya.

Related posts

Manfaatkan `Mako Simas`, Polsek Watulimo Gelar Pelatihan Satpam

Wong Nggalek

Kapolres Trenggalek Lepas Tim Bola Voli U-17 Kejurprov Jatim

Wong Nggalek

Tingkatkan Sinergitas Bersama Wartawan, Polres Trenggalek Gelar Sysukuran Hari Pers Nasional

Wong Nggalek