SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Untuk Harlah 1 Abad NU, ASN Kabupaten Sidoarjo Sediakan 165.959 Nasi Bungkus Gratis

 

(SIDOARJOterkini) – Resepsi puncak peringatan 1 Abad NU digelar di stadion Gelora Delta Sidoarjo hari Selasa, 7 Februari 2023 besok. Diperkirakan 1 juta warga nahdliyin (sebutan warga NU) dari seluruh Indonesia akan hadir. Bahkan juga dihadiri 300 ulama dunia.

Hajatan akbar peringatan hari lahir NU ke 100 tahun itu disambut Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan masyarakatnya dengan gembira. Tidak sedikit masyarakat Sidoarjo secara sukarela menyediakan makanan dan minuman gratis bagi para tamu yang akan datang. Tidak terkecuali seluruh ASN Kabupaten Sidoarjo. Hasilnya terkumpul 165.959 nasi bungkus. Selain nasi bungkus, juga ada air mineral. Hal itu sebagai bentuk dukungan suksesnya peringatan 1 Abad NU.

Dukungan ASN Sidoarjo itu dilaporkan Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP kepada Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa pada Rapat Koordinasi/Rakor terkait finalisasi persiapan acara puncak Harlah 1 Abad NU di gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat sore, (3/2). Rakor tersebut dihadiri Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Kabinda Jatim Brigjen TNI Fahmi Sudirman serta Dirlantas Polda Jatim Kombespol M. Taslim Choirudin.

Bupati H. Ahmad Muhdlor mengatakan masyarakat Sidoarjo sangat antusias menyambut peringatan 1 Abad NU. Salah satu buktinya dengan sukarela menyediakan makanan dan minuman gratis bagi tamu yang akan datang. Selain dari ASN Sidoarjo, FKPQ Sidoarjo juga akan menyediakan 125 ribu nasi bungkus.

“Semua OPD 165 ribu bungkus lebih, kami sendiri melihatnya merasa bangga atas dukungan yang ditunjukkan ASN Sidoarjo seperti ini,”ucapnya.

Bupati Sidoarjo berharap Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi tuan rumah yang baik pada peringatan Harlah 1 Abad NU besok. Oleh karenanya ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi penyelenggaraannya. Dikatakannya demi kesuksesan peringatan Harlah 1 Abad NU besok, dirinya telah mengeluarkan surat himbauan WFH bagi ASN Sidoarjo. Selain itu himbauan agar sekolah melakukan pembelajaran secara daring juga telah disebarkannya.

“Peringatan Harlah 1 Abad NU ini mendapat sambutan yang cukup meriah dari masyarakat, termasuk pabrik-pabrik besar, dengan adanya himbauan dari bupati, kemarin mereka sudah bersiap diri, meliburkan sendiri karyawannya, tinggal menunggu dukungan dari Surabaya mengingat sebagaian warga Sidoarjo bekerja di Surabaya, kami akan secepatnya berkoordinasi dengan Mas Eri (Walikota Surabaya),”ujarnya.

Selain 165 ribu lebih nasi bungkus yang akan dibagikan gratis besok, ASN Sidoarjo juga akan membagikan 486 dus air mineral kemasan 220 ml, 29.100 botol air mineral 220 ml serta 7.400 botol air mineral 600ml dan 5 dus teh pucuk harum. Semua itu tidak hanya dihimpun oleh OPD saja, namun juga dari BUMD Sidoarjo. Sebelumnya Pemkab Sidoarjo mengeluarkan maklumat Pegawai Sidoarjo Berkhidmat dengan menyediakan dan membagikan gratis nasi bungkus dan air mineral pada peringatan 1 Abad NU ini.

Masing-masing dinas maupun unsur penunjang serta BUMD dihimbau menyediakan dan membagikan nasi bungkus gratis minimal 1000 pcs. Hasilnya diluar perkiraan. Ada beberapa OPD yang berhasil mengumpulkan lebih dari seribu bungkus nasi.

Sedangkan untuk teknis pedistribusiannya dibagikan melalui Posko yang telah ditentukan. Terdapat 10 Posko yang didirikan. Posko itu akan dijaga 10 orang pegawai OPD untuk pendistribusiannya. Lokasi Posko berada di kantor instansi pemerintah dan juga sekolah. Seluruh Posko tersebut dekat dengan GOR Sidoarjo. Diantaranya di Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendididikan dan Kebudayaan, BPKAD, Bappeda, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kantor Kecamatan Sidoarjo, PDAM Delta Tirta serta di SMPN 2 Sidoarjo dan SMAN 2 Sidoarjo.

Pembagian makanan dan minuman gratis tersebut sudah dimulai hari Senin malam tanggal 6 Februari 2023 pukul 21.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pada hari Selasa pagi tanggal 7 Februari 2023 pukul 05.00 WIB. sedangkan siangnya dibagikan mulai pukul 11.00 WIB. Para tamu peringatan 1 Abad NU dapat mendatangi Posko-posko yang dekat dengan zona ia berada. (cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Setelah Porong, Pemkab Sidoarjo Bakal Bangun Lagi Grosir Sayur Pasar Kedungrejo Waru

redaksi

Pemotor Asal Prambon Tewas Terlindas Dump Truk di Jalan Ki Hajar Dewantara Krian

redaksi

Mengaku Mampu Gandakan Uang, Warga Taman Dilaporkan Polisi

redaksi