SuaraKawan.com
Trenggalek

Tingkatkan Peran Dai Kamtibmas, Polres Trenggalek Bentuk Hingga Polsek Jajaran

Polres Trenggalek – Kepolisian terus mengembangkan pola kolaborasi dalam menjaga Kamtibmas kondusif di wilayah Kabupaten Trenggalek. Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek bekolaborasi bersama Kemenag membentuk Da`i Kamtibmas yang akan mendukung tugas-tugas Kepolisian di tengah masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. saat mengikuti acara koordinasi dan silaturahmi bersama pengurus Da`i Kamtibmas di aula kantor Kemenag Kabupaten Trenggalek. Senin, (17/1).

AKBP Dwiasi yang juga menjabat sebagai Dewan Pelindung dalam struktur organisasi Da`i Kamtibmas tersebut menegaskan, untuk mewujudkan kondusifitas keamanan wilayah polisi tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan peran serta dari segenap elemen masyarakat untuk mendukung dan berperan aktif sesuai dengan kemampuan dan peran masing-masing.

“Ditengah derasnya infirmasi seperti saat ini, kontrbusi dan Da’i Kamtibmas saat penting untuk mendukung dan menciptakan suasana yang sejuk dan memberikan pencerahan tentang pemahaman agama yang benar kepada masyarakat.” Ujar AKBP Dwiasi.

Pihaknya menyampaikan apresiasi atas segala dukungan dan kontribusi para Da`i Kamtibmas yang turut ambil bagian dalam mengelola Kamtibmas melalui dakwah yang sejuk sehingga sampai saat ini Kabupaten Trenggalek tetap kondusif.

Lebih lanjut AKBP Dwiasi menuturkan, Da`i Kamtibmas ini tidak hanya berada di tingkat Polres semata tetapi juga sampai ke Polsek jajaran. Tugas yang diemban tidak jauh berbeda yakni terkait dengan kenakalan remaja, pemberantasan buta huruf Al Quran, Narkoba dan HIV AIDS, radikalisme, kerukunan umat beragama, Zakat, infaq dan sodaqah, Wakaf serta bidang halal.

Agar lebih efektif dan tepat sasaran, pihaknya berencana juga akan merekrut dan mengoptimalkan kembali para Da`i muda atau yang lebih dikenal dengan sebutan Da`i Millenial di Kabupaten Trenggalek. Hal ini selaras dengan perkembangan tekonologi infomasi dan komunikasi yang semakin canggih.

“Nantinya kita siapkan program pembelajaran dan pelatihan bagi remaja didampingi para dai Kamtibmas.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Trenggalek Drs. H. Mohammad Badrudin,M.Pd.I., Wakapolres Trenggalek Kompol Heru Dwi Purnomo,S.I.K.,M.Si., para pejabat utama Polres Trenggalek, Ketua Umum Da’i Kamtibmas KH. Mastur Ali beserta pengurus harian.

Related posts

Wujud Kepedulian, Polisi Trenggalek Kunjungi Anak Yatim/Piatu Dan Serahkan Bantuan

Wong Nggalek

Polisi Datangi Rumah Terdampak Tanah Longsor di Dongko, Gugah Motivasi dan Serahkan Bansos

Wong Nggalek

Selain Bantu Evakuasi dan Pembersihan, Polres Trenggalek Juga Serahkan Bansos Warga Terdampak Banjir

Wong Nggalek