SuaraKawan.com
Trenggalek

Terjunkan Ratusan Personel Pengamanan, Peresmian Bendungan Tugu Oleh Presiden Ri Kondusif

Trenggalek – Presiden RI Ir. Joko Widodo meresmikan Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Bendungan kebanggan warga Trenggalek ini berada tepatnya di Desa Nglinggis Kecamatan Tugu yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Ponorogo.

Presiden RI berangkat dari Lanud Iswahyudi Magetan dan landing menggunakan helicopter di stadion Menak Sopal Trenggalek. Dilanjutkan perjalanan via darat menuju Bendungan Tugu. Turut menyambut kedatangan Presiden Ri jajaran Forkopimda Provinsi Jatim diantaranya, Gubernur  Chofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI. Suharyanto dan Wagub Jatim Dr. H. Emil Elistianto Dardak, jajaran Forkopimda Trenggalek  serta sejumlah pejabat dan kementerian lainnya.

Usai peresmian, Presiden menyempatkan diri menghadiri penanaman padi dan pengolahan tanah serta berbincang dengan para petani di Desa Buluagung Kecamatan Karangan.

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Joko Widodo berkenan meninjau dan meresmikan pasar Pon Trenggalek yang berada di pusat kota. Dalam kesempatan tersebut, Presiden berkeliling pasar dan berdialog dengan para pedagang. Bukan itu saja, Presiden juga membagikan bingkisan berisi sembako kepada ratusan tukang becak yang beroperasi di seputaran pasar Pon.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. menuturkan, untuk proses pengamanan kunjungan Presiden RI ini, pihaknya menerjunkan ratusan personel Polri dari Polres Trenggalek, BKO Polres Ponorogo, Tulungagung Blitar kota dan Kediri Kota serta Brimob Polda Jatim.

Personel pengamanan tersebut berkolaborasi persama unsur TNI dan stakeholder lainnya yang disebar disepanjang rute serta beberapa titik yang menjadi sasaran kunjungan Presiden RI.

Pihaknya juga menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan penuh, turut bergembira menyambut kunjungan Presiden mulai dari kedatangan hingga kepulangannya.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan kunjungan presiden dalam rangka peresmian Bendungan Tugu Trenggalek berjalan aman, lancar dan kondusif. Apresiasi dari bapak Kapolda Jatim untuk seluruh tenaga pengamanan yang terlibat dan khususnya masyarakat Trenggalek yang turut mendukung kegiatan ini hingga selesai.” Ujar AKBP Dwiasi.

Sebagai informasi, Proyek strategis nasional Bendungan Tugu Desa Nglinggis Kabupaten Trenggalek yang berada di samping ruas jalan nasional Trenggalek-Ponorogo ini dibangun Kementerian PUPR sejak Januari 2014 lalu. Bendungan Tugu memiliki kapasitas 12 juta meter kubik dengan luas area genangan mencapai 41,8 hektare. Selain mampu mereduksi potensi banjir juga dimanfaatkan sebagai sarana irigasi mencapai 1.200 hektare lahan pertanian di Trenggalek.

Related posts

Laga Liga 3 di Trenggalek Digelar Tanpa Penonton

Wong Nggalek

Kapolres Trenggalek: Siap Amankan Peresmian Bendungan Tugu

Wong Nggalek

Bakti Sosial Donor Darah Hari Bhayangkara, Polres Trenggalek Kerahkan Ratusan Personel

Wong Nggalek