SuaraKawan.com
Trenggalek

Temukan Jalan Berlubang Saat Survey, Tak disangka Petugas Gabungan Satlantas dan Dishub Lakukan Ini

Polres Trenggalek – Satlantas Polres Trenggalek bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek melakukan pemantauan dan survei jalan dan jembatan tepatnya di jalur jalan raya Ngampon Bendorejo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Rabu, (8/3).

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Yudiyono, S.H. mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari upaya Polres Trenggalek berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif.

“Yang kita utamakan adalah keselamatan bagi para pengguna jalan sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh faktor sarana prasarana jalan.” Tegasnya.

Lebih lanjut AKP Yudiyono menuturkan, pemantauan jalan ini pada dasarnya rutin dilakukan secara periodic dengan melibatkan berbagai unsur yang tergabung dalam forum lalu lintas. Terlebih cuaca ekstrim seperti saat ini dengan curah hujan yang relatif tinggi.

“Hasil dari survey ini yang kemudian kita gunakan sebagai bahan evaluasi dan mengambil kebijakan terkait dengan penanganannya.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kanitkamsel Satlantas Aiptu Ali Wibowo, S.H. yang kebetulan turut hadir dalam survey tersebut bersama sejumlah anggotanya mengungkapkan pihaknya menemukan beberapa titik jalan dalam kondisi rusak sehingga relatif membahayakan pengguna jalan.

“Dari pantauan di jalan, aktivitas kendaraan muatan berlebih juga menjadi salah satu faktor pemicu kerusakan jalan selain akibat tingginya intensitas hujan di wilayah Trenggalek. Kemudian di jembatan Plengkung terdapat bagian jembatan yang berlubang dan membahayakan kendaraan yang lewat.” Ujarnya

Dari hasil survei tersebut, petugas akan melakukan koordinasi lebih intens dan dalam waktu dekat akan melakukan rekayasa lalu lintas agar kendaraan kendaraan yang lebih dari 8 ton tidak melintas di jembatan.

“Penanganan jangka pendek, kita pasang rambu-rambu dan menyampaikan imbauan melalui Medsos dan tentunya berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk penanganan. Kita upayakan juga besuk dilakukan perbaikan.” Pungkasnya.