SuaraKawan.com
Headline Jatim Mojokerto Terkini

TAA Ditlantas Polda Jatim Bersama Korlantas Polri Olah TKP di Tol Sumo

suarakawan.com, Mojokerto – Satlantas Polresta Mojokerto berkoordinasi dan mendatangkan tim TAA (Traffic Accident Analysis) Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jatim melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan bus PO Ardiansyah di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) KM 712+400/A. Rabu (18/04/2022)

Kecelakaan lalu-lintas terjadi di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) KM 712+400, Senin (16/5/2022). Satu unit bus pariwisata PO Ardiansyah nopol S 7322 UW terguling di jalur A arah Jombang ke Surabaya.

Akibatnya, 14 orang penumpang tewas dalam insiden tersebut. Sementara 19 orang penumpang mengalami luka ringan dan berat serta satu sopir selamat.

Dalam proses penyelidikan, petugas menggunakan menggunakan metode Traffic Accident Analysis (TAA) untuk mendapat informasi komprehensif mengenai peristiwa kecelakaan.

TAA merupakan metode yang terdiri dari analisis terhadap kronologi, pola kejadian, kondisi teknis, dan infrastruktur jalan, hingga kondisi pelaku kecelakaan baik secara fisik maupun mental. Lokasi kejadian direkam menggunakan kamera 3D laser scanner yang nantinya menjadi bahan analisis.

Petugas mengambil tiga titik gambar menggunakan alat kritis scanner. Perekaman dilakukan mulai pada jarak 100 meter yang menjadi titik bus keluar jalur hingga titik tumbur ketika bus menghantam tiang beton rambu multipesan VMS (Variable Message Sign)

“Adapun tiga titik yang kami ambil yaitu dari 100 meter sebelum tempat kejadian, titik pas kejadian dan setelah di tempat kejadian. Jadi kami ambil menggunakan alat kamera 3D laser scanner dari Mabes Polri dan didampingi jabatan Dirlantas Polda Jatim,” ungkap Kasi Pullahjianta Ditgakkum Korlantas Polri

“Kami juga akan cek CCTV Tol, kami kumpulkan semua barang bukti yang ada. Semua, sudah kami cek semua. Sebelum titik laka, pada saat titik laka dan sesudah sudah kami cek semua. Sudah kami koordinasikan dengan Dirlantas Polda Jatim. Kami cek dulu, nanti kami simpulkan. Ini sebagai pelengkap,” jelasnya. (MK/RH)

Related posts

Peduli Penderita Gizi Buruk, Polsek Besuk Berikan Bantuan

Wong Nggalek

Kapolres Jombang bersama Buruh Kibarkan Bendera Merah Putih Sebagai Simbol Lawan Corona

Redaksi Mojokerto

Wujud Kepedulian, Polwan Trenggalek Kunjungi Purnawiran dan Anggota Sakit

Wong Nggalek