SuaraKawan.com
Terkini

Seperti Ini Proses Pengamanan TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Trenggalek

Polres Trenggalek – Ratusan personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Trenggalek. Personel yang merupakan anggota Polres Trenggalek ini tempatkan di 2.321 TPS yang tersebar 14 Kecamatan se Kabupaten Trenggalek. Rabu, (14/2).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, personel pengamanan TPS ini bertugas selama tiga hari sejak kemarin tanggal 13 hingga 15 Februari 2024 besok.

Hal tersebut untuk memastikan tahapan paling krusial dalam Pemilu ini dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar serta Kamtibmas yang kondusif baik sebelum, pada saat maupun paska pemungutan dan penghitungan suara.

“Selain itu, mereka mendapat tugas tambahan pengawalan logistik Pemilu mulai dari gudang PPK menuju PPS dan TPS begitu juga sebaliknya setelah pemungutan dan penghitungan suara selesai.” Tegasnya.

Sebelum bertugas lanjut AKBP Gathut, para petugas ini telah dibekali dengan pengetahuan tentang aturan dan tahapan Pemilu serta bagaimana cara bertindak di lapangan, mulai dari situasi aman hingga kontijensi yang memerlukan langkah-langkah kepolisian.

Adapun perkuatan yang diterjunkan dalam tahap pemungutan dan penghitungan suaramelibatkan sedikitnya 475 personel dimana 321 orang diantaranya merupakan petugas pengamanan TPS. Disamping itu dibantu dari TNI sebanyak 217 personel, Satpol PP 90 personel dan Linmas 4.642 personel serta 1 SST personel BKO dari Satbrimob Polda Jatim.

“Seluruh sumberdaya yang ada kita maksimalkan untuk pengamanan hari pemungutan suara. Harapan kita tentunya semua berjalan aman, lancar dan kondusif. Tidak ada kejadian menonjol terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024 ini.” Harapnya.