SuaraKawan.com
Trenggalek

Satgas Operasi Ketupat Semeru 2023 Sosialisaikan Pengamanan Kupatan Hingga Mudik Balik Gratis

Polres Trenggalek – Masih terkait dengan Operasi Ketupat Semeru 2023 yang digelar selama 14 hari sejak tanggal sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023, Polres Trenggalek telah menggelar berbagai kegiatan dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri atau lebaran.

Salah satu yang menjadi konsentrasi pengamanan adalah perayaan tradisi lebaran ketupat atau kupatan yang menurut rencana akan diselenggarakan pada tanggal 29 April 2023 di sejumlah tempat di Trenggalek terutama di wilayah Durenan, Kota Trenggalek, Gandusari dan kecamatan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. saat melakukan sosialisasi Operasi Ketupat Semeru 2023 bersama Kaubinops Satlantas Iptu Siswanto, S.H. melalui siarana siaran radio di salah satu stasiun radio FM di Trenggalek. Rabu, (26/4).

“Selain petugas pos pengamanan lebaran, personel akan kita pertebal dengan melibatkan personel gabungan dari stakehokder lainnya. Kerawanan dan potensi gangguan seperti kemacetan maupun kriminalitas sudah kita petakan dan akan kita tempatkan personel di masing-masing titik.” Ujar Iptu Suswanto.

Pihaknya menegaskan, untuk membantu masyarakat Trenggalek yang akan Balik Mudikj ke Surabaya, Polres Trenggalek akan menggelar Balik Mudik Gratis yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 April 2023 nanti.

“Silahkan bagi masyarakat yang akan balik khususnya ke Surabaya bisa memanfaatkan Balik Mudik gratis bersama Polres Trenggalek. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 27 April besok.” Imbuhnya.

Sementara itu Iptu Suswanto menegaskan, jajaran Satlantas Polres Trenggalek akan melakukan beberapa rekayasa lalulintas terutama di jalur nasional di seputaran wilayah Durenan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan penumpukan kendaraan yang berimbas terjadinya kemacetan panjang.

“Simpang 4 Telan Desa Ngadisuko yang ke kanan untuk arah ke Tulunggaung dan yang kiri kea rah Trenggalek. Kemudian bagi pengemudi dari arah Tulungagung yang akan ke arah Trenggalek-Ponorogo maupun ke Bandung dan Prigi bisa melalui simpang tiga Bu Sur ke kiri. Sedangkan yang dari arah Trenggalek bisa lanjut lurus melalui jalur utama.” Jelas Iptu Siswanto.

Hal sama jug aberlaku bagi para pengguna jalan dari arah Trenggalek yang ma uke Bandung atau Prigi akan diarahkan melalui jalan simpang tiga pertanian Durenan ke kananatau bisa melalui simpang empat Kedunglurah ke kanan.

“Harapan kita puncak libur lebaran dan kupatan di Trenggalek aman dan kondusif.” Pungkasnya.