SuaraKawan.com
Trenggalek

Polres Trenggalek Siap Amankan Hari Raya Idul Fitri Hingga Lebaran Kupatan

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian Resor Trenggalek akan all out dalam pengamanan lebaran hingga perayaaan kupatan nanti. Dalam pelaksanaannya, jajaran kepolisian akan bersinergi bersama intansi dan stakeholder terkait lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Kabagops Polres Trenggalek Kompol Jimmy Heryanto Hasiholan, S.H., S.I.K. saat mengikuti rapat koordinasi penanganan konflik sosial dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif yang dimotori oleh Kesbangpol di Gedung Bawarasa Kabupaten Trenggalek. Rabu, (27/4).

“Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kelonggaran yang diberikan tentu membawa dampak euforia masyarakat yang akan mudik khususnya yang masuk ke wilayah Kabupaten Trenggalek. Ini yang kita waspadai dan antisipasi.” Ujar Kompol Jimmy.

Guna menjaga Kamtibmas yang kondusif menjelang Hari raya Idul Fitri 1443/2022, sejumlah upaya preventif humanis telah digelar oleh jajaran Polres Trenggalek. Salah satu diantaranya adalah melalui Operasi Ketupat Semeru 2022 mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 202.

Selain lebaran itu sendiri, salah satu agenda yang juga menjadi fokus jajaran Kepolisian adalah perayaan hari raya ketupat atau yang lebih dikenal dengan sebutan `Kupatan`. Di Trenggalek, kupatan merupakan tradisi yang dilaksanakan beberapa hari setelah lebaran.

“Rencana pengamanan sudah kita siapkan jauh hari untuk mengantisipasi berrbagai kerawanan yang mungkin terjadi sehingga diperlukan langkah antisipatif.” Imbuhnya.

Kompol Jimmy menegaskan, beberapa kerawanan yang perlu menjadi perhatian dari semua pihak diantaranya adalah potensi kerumunan, kemacetan khususnya di jalur protokol Durenan sehingga perlu rekayasa lalu lintas yang komprensif, balon udara dan petasan serta gesekan antar kelompok masyarakat.

“Kita harapkan dengan sinergitas yang kuat ditambah dengan dukungan dari masyarakat, Hari Raya Idul Fitri maupun lebaran kupatan nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar dan tentunya tidak ada lonjakan Covid-19.” Pungkasnya.

Related posts

Sejumlah Barang Bukti Perkara Inkracht Dimusnahkan Kejari Trenggalek

Wong Nggalek

Pantau Stamina dan Kesehatan Anggota, Polres Trenggalek Gelar TKJ

Wong Nggalek

Penanganan Paska Banjir Banjir dan Tanah Longsor di Trenggalek, Polisi All Out Bantu Korban

Wong Nggalek