SuaraKawan.com
Trenggalek

Persiapan Pengamanan Lebaran, Polres Trenggalek Gelar Rakor Lintas Sektoral

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas sektoral melibatkan berbagai unsur dan dinas terkait. Rakor ini digelar dalam rangka kesiapan dan persiapan menghadapi Hari raya Idul Fitri 1444 H yang tinggal beberapa hari kedepan.

Rakor yang diselenggarakan di Rupatama Mapolres ini sekaligus mengikuti kegiatan yang sama di tingkat pusat yang dipimpin oleh Kapolri bersama sejumlah Lembaga dan kementerian yang disiarkan secara virtual. Kamis, (6/4).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. yang turut hadir dan memimpin jalannya kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan dari digelarnya Rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak agar lebaran kedepan dapat berlangsung aman, tertib dan kondusif.

“Kerjasama, koordinasi dan kolaborasi sangat penting untuk mengantisipasi berbagai kerawanan yang mungkin timbul. Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan operasi kewilayahan Ketupat Semeru 2023 yang fokus pada pengamanan lebaran hingga puncaknya tradisi kupatan baik di Durenan maupun beberapa tempat lainnya.” Jelas AKBp Alith.

Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini mengingatkan selain kegiatan masyarakat dan arus mudik yang diperkirakan berlangsung mulai tanggal 21 sampai dengan 25 April 2023, salah satu hal yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak adalah sector wisata.

Menurutnya, pada libur panjang lebaran ini, pengunjung lokasi wisata terutama wilayah pesisir seperti Watulimo, Panggul dan Munjungan akan meningkat signifikan. Wisatawan bukan hanya dari warga lokal Trenggalek tetapi juga luar kota.

“Kita harus benar-benar antisipasi setiap kerawanan dengan baik. Jangan sampai ada insiden seperti saat libur panjang tahun baru dan ini menjadi evaluasi bagi kita bersama.” Imbuhnya.

Untuk mendukung kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, menurut rencana Polres Trenggalek akan mendirikan beberapa pos pangamanan dan pos pelayanan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat sekaligus mencegah kemacetan maupun kejahatan.

Pos pengamanan nantinya akan ditempatkan di simpang empat Durenan, Simpang empat tawang Kecamatan Watulimo yang berfungsi sekaligus pengamanan jalur wisata dan halaman Masjid Pancasila/Al Mubarok Lil Ummah yang berada di Desa Nglongsor Kecamatan Tugu. sedangkan Pos pelayanan nantinya akan ditempatkan di Pasar Pon Trenggalek atau halaman parkir Agroopark bersebelahan dengan Pos Lantas/119.

“Nanti akan kita lakukan Rakor lanjutan untuk membahas yang lebih detail sehingga pengamanan yang kita lakukan bersama ini bisa lebih optimal.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam Rakor tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S. Sos., Kalak BPBD Trenggalek Drs. Stefanus Triadi atmono, M.Si., Kasipidum Kejari Yan Subiyono, S.H.,M.H., Kepala Pengadilan Negeri Antyo Harry Susetyo, S.H., pejabat utama Polres Trenggalek, Kepala OPD dan Kapolsek Jajaran.