SuaraKawan.com
Trenggalek

Pastikan Wilayah Pesisir Kondusif, Polres Trenggalek Gelar “Padang Pasir”

Polres Trenggalek – Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang dikenal dengan keindahan alam dan lautnya. Selain ikan dan komoditas laut, tiga wilayah pesisir yakni Watulimo, Panggul dan Munjungan juga cukup familiar dikalangan para traveler karena keeksotikan alamnya.

kondisi tersebut diatas tentu harus didukung dengan kamtibmas yang mantap sehingga roda ekonomi dan kenyamanan para wisatawan yang datang tetap terjaga dengan baik yang outcome-nya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat.

Guna mendukung hal tersebut, sebagai wilayah pesisir selatan, Kepolisian Resor Trenggalek cukup aktif membina dan menjaga keamanan lautnya. Salah satunya melalui program `Padang Pasir` yang merupakan akronim dari patroli ledang pantau pesisir.

Kapolsek Watulimo AKP Suyono, S.H., M.Hum. mengatakan patroli pesisir pada dasarnya bertujuan untuk memberikan rasa aman khususnya kepada para wisatawan maupun nelayan yang banyak beraktivitas di laut.

“Disamping itu, patroli tersebut digelar dalam rangka menjaga keamanan dan mengantisipasi kemungkinan kejahatan laut seperti pencurian sumberdaya alam, penyelundupan laka laut hingga Human Trafficking atau perdagangan manusia.” Ungkap AKP Suyono

Menurutnya, kawasan pesisir memiliki kerawan tersendiri. Oleh sebab itu metode pengamanan yang diterapkan pun juga berbeda. Dalam pelaksanaannya pihaknya bersinergi bersama Polair dan Pos TNI AL Watulimo. Termasuk juga paguyuban nelayan setempat.

AKP Suyono menambahkan menambahkan, patroli yang tergelar tidak terbatas pada lokasi-lokasi rawan kriminalitas tetapi hingga pulau terluar menggunakan menggunakan kapal patroli milik Polsek Watulimo yang memang berukuran cukup besar.

“Berbincang dengan para nelayan maupun wisatawan sehingga kita bisa mengetahui secara persis kondisi dilapangan dan memahami cara bertindak yang diperlukan untuk mewujudkan rasa aman masyarakat.” Pungkasnya.

Related posts

Ketua PBVSI Trenggalek Dorong Prestasi Atlit Bola Voli di Kancah Nasional

Wong Nggalek

Polres Trenggalek Ungkap Kasus Pemerasan, Ini Motifnya

Wong Nggalek

Saat Kapolres Trenggalek Gugah Semangat dan Motivasi Atlet Bola Voli Porprov Jatim

Wong Nggalek