SuaraKawan.com
Trenggalek

Pastikan Aman, Polres Trenggalek Terjunkan Personel Pengamanan Tempat Wisata

Polres Trenggalek – Menghadapi puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Trenggalek mempertebal pengamanan di sejumlah lokasi. Penambahan personel pengamanan ini dilakukan guna mengantisipasi meningkatnya mobilitas masyarakat.

Kasihumas Polres Trenggalek Ipda Suswanto, S.H., mengatakan, penebalan personel pengamanan diprioritaskan pada lokasi wisata khususnya di wilayah pesisir Watulimo, Panggul dan Munjungan serta destinasi wisata lainnya di Kecamatan Trenggalek dan Kampak. Minggu, (1/1).

“Jadi, selain petugas pos pengamanan yang sudah tergelar dalam operasi Lilin Semeru 2021 kita perkuat pengamanan dengan menambah jumlah personel.” Ungkap Ipda Suswanto.

Ipda Suswanto menuturkan, puncak libur Nataru yang diprediksi terjadi hari ini bersamaan dengan hari Minggu sehingga diperkirakan terjadi lonjakan wisatawan terutama di wilayah Watulimo yang memang memiliki sejumlah destinasi wisata alam nan eksotik. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga dari berbagai kota di Jawa Timur.

Untuk mengantisdipasi berbagai kerawanan, Polres Trenggalek menurunkan sedikitnya 233 personel pengamanan dibantu oleh personel TNI dari Kodim 0806, TNI-AL, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek.

“Khusus area Watulimo, kita tambahkan 90 personel diluar pos pengamanan Lilin Semeru 2021. Kemudian diwilayah kota Trenggalek ada 69 personel. Sisanya kita sebar di Panggul, Kampak, Munjungan dan beberapa kecamatan lainnya. Termasuk diantaranya petugas patroli mobiling untuk mengantisipasi kriminalitas.” Imbuhnya.

Ipda Suswanto menambahkan, fokus pengamanan tidak terbatas pada aspek Kamtibmas belaka tetapi juga pencegahan penularan Covid-19. Oleh sebab itu, petugas juga disiagakan untuk melakukan penyekatan di pintu masuk lokasi wisata.

Wisatawan yang datang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dan scan barcode aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, disiapkan pula petugas kesehatan yang melakukan rapid test kepada pengunjung.

Masih kata Ipda Suswanto, anggota di lapangan turut aktif mengawasi penerapan protokol kesehatan. Mengingatkan para pengunjung yang abai protokol kesehatan maupun kerumunan sebagaimana Surat Edaran Bupati Trenggalek Nomor 451/1204/406.001.2/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

”Jangan sampai terjadi lonjakan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.” Pungkasnya.

Related posts

Polisi di Trenggalek Turun Tangan Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK

Wong Nggalek

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Petugas Yanlik Polres Trenggalek Dibekali Keterampilan Etika Komunikasi

Wong Nggalek

Kapolres Trenggalek Buka Lomba `Cireng` Hari Bhayangkara ke-76

Wong Nggalek