SuaraKawan.com
Jatim Mojokerto Terkini

Mantapkan Persiapan Operasi Bina Kusuma 2023, Polresta Mojokerto Tingkatkan Preemtif dan Preventif

suarakawan.com, Kota Mojokerto – Polresta Mojokerto memantapkan persiapan pelaksanaan operasi kepolisian kewilayahan “Operasi Bina Kusuma 2023” melalui Latihan pra operasi (Latpraops) di Aula Tantya Sudirajati, Sabtu (25/02/23).

Giat ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria S.H., S.I.K., M.T., diwakili Kabagops Polresta Mojokerto Kompol Maryoko S.H., M.H., yang diikuti oleh seluruh Pejabat Utama dan anggota Polresta Mojokerto.

Operasi Bina Kusuma 2023 ini digelar dengan tujuan untuk menekan terjadinya gangguan kamtibmas seperti premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, KDRT, perkelahian antar kelompok masyarakat, pencurian, perjudian, perkelahian antar kelompok, minuman keras, kekerasan terhadap perempuan dan anak serta pencegahan penyakit masyarakat lainnya di wilayah hukum Polresta Mojokerto.

Pelaksanaan “Operasi Bina Kusuma 2023” sendiri rencananya akan digelar selama 15 hari terhitung mulai tanggal 27 Februari 2023 hingga 13 Maret 2023.

Kompol Maryoko sebut sasaran operasi tersebut pada lokasi-lokasi yang biasa digunakan oleh oknum untuk melakukan tindak kejahatan, seperti daerah pemukiman/tempat tinggal, tempat perbelanjaan, bank pemerintah/swasta, jasa pengiriman uang/barang, lokasi parkir legal/illegal, angkutan umum, terminal, pelabuhan, traffic light serta tempat-tempat lainnya yang diduga terdapat kausalitas peristiwa/kejahatan kamtibmas.

“Sasaran operasi itu, antara lain preman atau Tindakan premanisme, seperti meminta uang secara paksa di berbagai tempat, penjual dan pengedar minuman keras dan narkoba, perkelahian antar kelompok serta kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujarnya mewakili Kapolresta Mojokerto pada kegiatan Latpraops

Dalam pelaksanaan Operasi Bina Kusuma ini diharapkan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif ketika menemukan pelanggaran.

“Nantinya kegiatan ini dilakukan dengan peningkatan patroli dialogis menggunakan R2/R4 pada pasar tradisional, warung remang-remang, café, warung/karaoke serta peningkatan patroli pada kos/homestay/hotel untuk memberi himbauan tramtibum,” ujar Kompol Maryoko

Operasi Bina Kusuma 2023 merupakan operasi kepolisian dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang diarahkan pada potensi gangguan, ambang gangguan agar tidak menjadi gangguan nyata. (MK/AN)