SuaraKawan.com
Trenggalek

Lelah Saat Perjalanan Mudik? Mampir Saja Pos Pelayanan Ini, Bisa Santai Sejenak Bak di Kafe

Polres Trenggalek – Operasi Ketupat Semeru 2022 sudah tergelar sejak tanggal 28 April 2022 kemarin. Polres Trenggalek salah satu satuan kepolisian wilayah telah melakukan langkah-langkah strategis guna mendukung pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 tersebut.

Salah satunya, mendirikan sejumlah Pos pengamanan dan pelayanan yang ditempatkan di jalur mudik maupun titik-titik rawan gangguan Kamtibmas.

Bicara tentang Pos pengamanan maupun pos pelayanan, Polres Trenggalek tak mau setengah-setengah. Pos pengamanan di hias sedemikian rupa agar lebih menarik dan mudah diketahui oleh masyarakat yang membutuhkan pertolongan atau bantuan.

Tidak sebatas desain ruangan yang indah dan menarik tetapi juga memperhatikan fungsi dan kegunaan pos itu sendiri. Setiap Pos pengamanan dan pelayanan di Trenggalek dilengkap dengan fasilitas penunjang yang representatif.

Nah, di Trenggalek terdapat satu pos pelayanan mudik lebaran yang cukup sukses menarik perhatian. Pos pelayanan yang juga berfungsi sebagai rest area bagi pemudik ini berada tepat di pelataran area wisata Trenggalek Agropark.

Lokasi ini dinilai sangat strategis karena berada tepat di jantung kota dan merupakan jalur utama mudik lintas kota dari Tulungagung menuju Ponorogo. Disamping itu, pos pelayanan ini juga ditempatkan di salah satu icon wisata favorit masyarakat Trenggalek yang memang selalu ramai dipadati pengunjung.

Sama seperti pos pelayanan lebaran pada umumnya, selain halaman parkir yang relatif luas, didalam pos ini terdapat tiga ruang utama yakni ruang petugas, ruang kerja, ruang panel data dan ruang istirahat bagi pemudik yang dilengkapi dengan televisi ukuran besar sebagai hiburan.

Yang sedikit membedakan adalah di Pos pelayanan ini disediakan pula stan pojok baca dengan koleksi bacaan yang terbilang lumayan lengkap dari segmen anak-anak maupun pengetahuan umum, kursi pijat elektrik  hingga pelayanan kesehatan tradisional.

Uniknya, disalah satu sudut pos pelayanan agropark ini terdapat coffee house yang cukup nyaman yang disiapkan khusus bagi para pemudik. Sebuah mesin pendingin disudut ruangan dan beberapa meja kursi yang ditata sedemikian rupa membuat suasana pos pelayanan ini bak kafe beneran. Pemudik yang singgah untuk sekedar berisitrahat melepas penat setelah perjalanan jauh dapat menikmati berbagai sajian dan minumas segar yang disiapkan.

Masih kurang puas? Tak perlu kawatir. Tepat didepan pos pelayanan ini disiapkan `Kedai Pos Yan Agropark` yang menyediakan berbagai macam masakan tradisional seperti nasi goreng dan mie. Ada jga teh manis hangat, kopi hingga berbagai macam varian es jus yang tentunya bisa membuat mata melek dan lebih bersemangat saat akan melanjutkan perjalanan.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H. M.Si. menuturkan, pos pelayanan memang lebih difungsikan sebagai tempat pelayanan bagi para pemudik sehingga fasilitas penunjang yang disiapkanpun berorientasi terhadap kenyamanan dan kepuasan masyarakat.

“Jadi, para pemudik yang lelah dan ingin berisitirahat bisa mampir ke Pos pelayanan ini. Ada beberapa fasilitas yang kita siapkan agar mudik menjadi lebih aman, nyaman, menyenangkan dan tentunya sehat dan selamat sampai ditujuan.” Ujar AKP Meita.

Selain berbagai fasilitas menarik yang disediakan, pos pelayanan ini juga menyiagakan tenaga kesehatan dan personel PSC lengkap dengan ambulance selama 1X24 jam. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi kemungkinan para pemudik yang kecapekan atau penumpang yang mengalami sakit sehingga bisa segera mendapat penanganan medis yang tepat.

Pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat khususnya para pemudik untuk bersama-sama mewujudkan mudik aman dan sehat. Mudik sehat adalah terpenuhinya syarat mudik sebagaimana aturan yang telah ditetapkan pemerintah, Prokes dilaksanakan secara konsisten dan bertanggungjawab, tergelarnya pelayanan kesehatan melalui pos pengamanan dan pos pelayanan sehingga tidak terjadi lonjakan Covid-19 paska lebaran. Sedangkan mudik aman, pengguna jalan mematuhi Kamseltibcarlantas dengan slogan aman, tertib, lancar dan selamat.

“Sebelum berangkat mudik, cek kembali kondisi kendaraan. Pastikan terpenuhinya semua persyaratan mudik. Kondisi tubuh yang sehat dan tetap patuhi aturan lalu lintas dan Prokes.” Pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam rangka dalam rangka menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022, Polres Trenggalek menggelar Operasi Ketupat Semeru 2022 yang berlangsung mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022.

Dalam operasi ini, Polres Trenggalek melibatkan ratusan personel gabungan dari unsur TNI/Polri, Sarpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, Senkom, hingga Pramuka dan relawan lainnya. Selain itu, Polres Trenggalek mendirikan sejumlah pos pengamanan diantaranya di Durenan, Tugu, Watulimo dan Panggul serta satu pos pelayanan di lokasi wisata Trenggalek Agropark.

Related posts

Polres Trenggalek Kembali Lakukan Penyekatan Lalu Lintas Hewan Ternak

Wong Nggalek

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Polres Trenggalek

Wong Nggalek

Ingin Daftar Bintara Polisi? Simak Syarat dan Ketentuannya

Wong Nggalek