SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Koramil 0816/02 Candi Laksanakan Program Bedah Rutilahu Mandiri di Desa Kedungkendo

 

Foto: Ws.Danramil.0816/02 Candi Letda Inf Nur Qomari saat bersama anggota Rehab rumah warga yang tidak layak huni (11/3)

SIDOARJOterkini – Koramil 0816/02 Candi melaksanakan rehab rumah warga yang tidak layak huni di Desa Kedungkendo. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ws.Danramil 0816/02 Candi Letda Inf Nur Qomari, Senin 11 Maret 2023.

Program bedah rumah milik ibu Sumiatun (79) warga Desa Kedungkendo RT 09/03 Kecamatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh personil Koramil 0816/02 Candi yang bergotong-royong dengan warga setempat.

WS.Danramil 0816/02 Candi Letda Inf Nur Qomari menjelaskan, Program bedah rumah/Rutilahu Mandiri yang dilaksanakan merupakan program unggulan Kasad yang dilaksanakan Kodim 0816 Sidoarjo melalui Koramil 0816/02 Candi.

“Program Rutilahu Mandiri Koramil 0816/02 Candi dilaksanakan di rumah ibu Sumiatun warga Desa Kedungkendo,”ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya, Koramil 0816/02 Candi menerjunkan 29 personil dengan dibantu oleh warga sekitar. Adapun sasaran rehab meliputi atap rumah serta perbaikan dinding.

“Kita bongkar genting dan diganti dengan asbes serta kita perbaiki tembok yang terlihat sudah rusak,”tegasnya.

Dirinya menargetkan untuk pelaksanaan rehab rumah warga tersebut akan selesai dalam sepuluh hari ke depan.

“Kondisi sering hujan juga menjadi pertimbangan, kita percepat untuk perbaikan atapnya,”ungkap Danramil yang terlibat langsung dalam pelaksanaan rehab bersama anggota tersebut.

Dirinya berharap, melalui program Rutilahu Mandiri yang dilaksanakan Kodim 0816 Sidoarjo melalui Koramil 02 Candi, akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan kualitas hunian yang layak, sehat dan nyaman.

Sementara itu ibu Sumiatun mengaku sangat senang dengan diperbaiki rumah yang ditempatinya. Dirinya mengaku sejak dibangun 20 tahun yang lalu rumahnya tidak pernah ada perbaikan.

“Matur nuwun pak tentara sudah perbaiki rumah saya, semoga semuanya diberikan balasan oleh Allah SWT,”ungkap wanita tua yang biasa dipanggil Mbah Tun itu.

Sedikit tentang Ibu Sumiatun janda tua yang tinggal sendirian di rumah yang sangat tidak layak ini, di usia tuanya wanita dengan dua anak tersebut harus menghidupi dirinya dengan berjualan bumbu-bumbu dapur di pasar.

“Setiap pagi, Mbah tun mendorong sepeda pancalnya sambil membawa dagangannya ke pasar,”ungkap Kepala Desa Kedungkendo Hartoyo.

Kondisi rumah Mbah tun sangat memprihatinkan, warga sekitar sangat khawatir kalau ambruk saat hujan deras.

“Dengan bantuan bedah rumah yang dilaksanakan oleh Koramil Candi kami mengucapkan banyak terima kasih,”tandasnya. (cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Pemkab Sidoarjo Raih Penghargaan Pembina K3 Terbaik V Tingkat Jawa Timur

redaksi

Identitas Mayat Mengapung di Sungai Buduran Terungkap, Ternyata Driver Online Asal Tanggulangin

redaksi

Warga Bluru Kidul Tolak Keberadaan Homestay OYO, Akses Masuk Diblokade

redaksi