SuaraKawan.com
Trenggalek

Hujan Deras Sebabkan Lonsor Tutup Jalan Desa Dermosari

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian bersama instansi terkait dan measyarakat bergerak cepat melakukan evakuasi dan pembersihan tanah longsor yang terjadi di Desa Dermosari Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Tanah longsor tepatnya di dusun Nglengkong tersebut memenuhi badan jalan sehingga jalur lintas desa tersebut tertutup total. Rabu, (1/6).

Menggunakan alat seadanya, sejumlah petugas dari Polsek Tugu dan puluhan warga setempat kompak saling bahu membahu membersihkan material longsor berupa tanah dan lumpur.

Kapolsek Tugu AKP Anwar, S.H. yang turun tangan memimpin langsung jalannya evakuasi mengatakan, pihaknya berupaya evakuasi dan pembersihan tersebut bisa diselesaikan secepatnya sehingga jalan bisa dilalui kembali.

“Alhamudilillah. Berkat sinergitas dan Kerjasama yang baik pembersihan longsor bisa cepat selesai. Saat ini jalan sudah dibuka dan bisa dilalui kendaraan.” Ujar AKP Anwar.

Namun demikian, pihaknya tetap mengingatkan warga yang melintas untuk lebih waspada dan berhati-hati mengingat saat ini hujan dengan intensitas tinggi masih kerap terjadi dan tidak menutup kemungkinan terjadi longsor susulan.

Untuk diketahui, tanah longsor itu sendiri terjadi pada Selasa tanggal 31 Mei 2022 sekira pukul 23.00 Wib semalam. Sebelumnya, wilayah desa Dermosari memang diguyur hujan cukup lebat bahkan masih terjadi sampai pagi dini hari tadi yang mengakibatkan tanah longsor dengan ketinggian tiga meter hingga menutup total jalan desa tersebut.

Tanah longsor juga dilaporkan terjadi di dusun Sumber Madu Desa Pucanganak Kecamatan Tugu yang mengakibatkan bangunan kamar mandi dan kandang kambing milik salah satu warga ikut jatuh bersama material longsoran.

Tak hanya itu, plesengan SDN 1 Sumurup Kecamatan Bendungan juga dilaporkan ambrol. Sementara di Desa gamping Kecamatan Suruh, hujan deras diduga menyebabkan tanah retak dan berpotensi longsor sepanjang 17 meter dan tinggi 20 meter yang berada tepat dibelakang rumah warga.

Related posts

Tingkatkan Pelayanan SKCK, Kapolres Trenggalek Tandatatangani MoU Bersama JNE dan Smartjek

Wong Nggalek

Polres Trenggalek All Out Amankan Tradisi Kupatan

Wong Nggalek

Gempa Cianjur, Polres Trenggalek Kirim Bantuan Sosial

Wong Nggalek