SuaraKawan.com
Jatim

Hari Ini, PPKM Mikro Berlaku di Jatim, Ada 210 RT Zona Merah!

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memastikan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di Jatim mulai Selasa (9/2/2021) hari ini hingga Senin (22/2/2021).

Gubernur menegaskan seluruh 38 kabupaten/kota di Jatim akan menerapkan PPKM Mikro yang berbasis RT. Berdasarkan pemetaan Polda Jatim, ada 210 RT di Jatim yang kategori zona merah, 1.245 zona orange, 10.023 zona kuning dan 81.730 zona hijau.

“Ini tersebar di seluruh 38 kabupaten/kota di Jatim. Oleh karena itu, koordinasi dengan bupati walikota menjadi penting untuk membreakdown secara lebih detail. Mengapa? Ini karena zonasi itu sangat dinamis sekali. Tiap hari Selasa kita dapat update zonasi di masing-masing kabupaten/kota. Per hari ini (Senin) yang masuk zona merah adalah Trenggalek dan Madiun, tapi per malam ini yang akan diumumkan Insya Allah besok (Selasa hari ini) zona merah adalah Jombang dan Kota Mojokerto. Begitu juga zonasi RT dan RW akan berubah dinamis,” katanya kepada wartawan saat konferensi pers PPKM Mikro di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (8/2/2021) malam.
Khofifah menjelaskan, setiap kelurahan atau tingkat desa, wajib memiliki posko dalam menerapkan PPKM Mikro.

“Prinsip basisnya mikro sekali, tingkat RT. Poskonya ada di desa, karena ini kaitan dengan update data, reportase dari seluruh dinamika yang terjadi di desa atau kelurahan itu. Maka, masing-masing desa atau kelurahan wajib punya posko,” jelasnya.

Dia menambahkan, penerapan PPKM Mikro tidak jauh beda dengan format kampung tangguh yang sudah diterapkan di Jatim sejak PSBB lalu.

“Kita punya best practice kampung tangguh, karena format SOP PPKM Mikro sangat mirip kampung tangguh. Relatif para bupati/walikota di Jatim sudah punya referensi akan hal itu,” tambahnya.

Sekadar diketahui, masa PPKM jilid dua di Jatim memasuki hari terakhir pada Senin (8/2/2021). Pemerintah pusat memutuskan untuk menggelar PPKM Mikro, salah satunya di Jatim. PPKM Mikro akan dimulai Selasa (9/2/2021) hingga Senin (22/2/2021). (tok/ted)

Related posts

Antisipasi Penyebaran Omicron, Pemerintah Perketat Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Redaksi Mojokerto

Polsek Ujungpangkah Kompak Bersama Perangkat Desa Banyuurip Bagikan Sembako,Kepada Warga Terdampak Covid-19

redaksi

Kasatbinmas Trenggalek Harap Posko PPKM Mikro Optimal Cegah Penularan Covid-19

Wong Nggalek