SuaraKawan.com
Trenggalek

Hari Ini Dikukuhkan, Ini Progres Dewan Pembina Bela Diri Polri Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek kini memiliki Dewan Pembina Bela Diri Polri. Pengukuhan organisasi baru yang mewadahi bela diri Polri tersebut dilaksanakan secara virtual dan dipimpin langsung oleh Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. dan As SDM Polri Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil. Kamis, (19/5).

Dewan Pembina Bela diri Polri Polres Trenggalek diketuai oleh Kapolres AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., Wakil ketua dijabat oleh Wakapolres Kompol Haryanto, S.H., S.I.K. dan koordinator diamanatkan kepada KabagSDM Kompol Solichin, S.H.

Sedangkan Iptu Kusnun, S.H. yang juga menjabat sebagai Kasubbagwatpers BagSDM dipercaya sebagai koordinator bidang prestasi. Sementara untuk tenaga pelatih adalah Iptu Suyono, S.H. dan Aiptu Agus Budi, S.H. yang memang berkompeten dan sudah berpengalaman dalam hal bela diri Polri.

Dikonfirmasi terpisah usai acara pengukuhan, Iptu Suyono yang merupakan pendiri Perkumpulan Judo Bhayangkara (PJB) Polres Trenggalek ini mengatakan pada dasarnya bela diri Polri telah diajarkan kepada anggota sejak masuk pendidikan. Namun selama ini memang tidak ada wadah untuk mengembangkan diri.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung atas berdirinya Dewan Pembina Bela diri Polri. Hal ini tentunya sangat membantu dalam mengenalkan bela diri Polri lebih jauh. Tidak hanya di lingkungan internal Polri tetapi juga masyarakat luas.” Ujarnya.

Pihaknya menambahkan, bela diri Polri sebenarnya merupakan gabungan dari berbagai aliran bela diri yang selama ini ada dan berkembang di Indonesia. Namun secara teknis lebih mengarah pada beladiri Judo.

“Yang membedakan adalah beladiri Polri ini bukan untuk mematikan tetapi melumpuhkan lawan. Selain itu, diajarkan pula tehnik beladiri menggunakan peralatan khas polisi seperti tongkat T, borgol dan lain-lain.” Imbuhnya.

Lebih lanjut Iptu Suyono mengungkapkan, salah satu tugas pokok dari dewan pembina bela diri Polri ini adalah meningkatkan kemampuan beladiri anggota Polri serta mengembangkan dan mengenalkan bela diri khas polisi ini kepada khalayak luas.

Oleh sebab itu, pihakny atelah mempersiapkan sejumlah progres diantaranya adalah menyusun jadwal latihan rutin, mensosialisasikan kepada masyarakat melalui pendekatan prestasi dan lomba-lomba.

“Dalam waktu dekat akan kita bentuk juga Remaja Bhayangkara Club (RBC) Beladiri Polri. Doakan saja agar bisa segera terealisasi.” Pungkasnya.

Related posts

Kejahatan Narkoba dan Perjudian, Kapolres Trenggalek: Tidak Ada Toleransi, Sikat Habis

Wong Nggalek

Kapolres Trenggalek Saat Tinjau Vaksinasi Bersama Forkopimda: Sinergitas Untuk Capai 70%

Wong Nggalek

Serahkan Penghargaan, Kapolres Trenggalek: Cambuk Tingkatkan Kinerja

Wong Nggalek