SuaraKawan.com
Terkini

Gercep, Polisi Bersama TNI dan BPBD Evakuasi Pohon Tumbang, Akses Jalan Kembali Lancar

*PROBOLINGGO KOTA* – Angin kencang merobohkan tiga pohon Randu berukuran besar di Dusun Bulak, Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Senin (27/2/2023) sore. Pohon itu roboh dan melintang di jalan akses antar desa di sana sehingga aktivitas warga sempat terhambat. 

 

Tak lama usai mendapati adanya tiga pohon Randu tumbang, warga lantas melaporkannya ke BPBD Kabupaten Probolinggo, TNI dan Polsek Tongas. Mendapat laporan, personel BPBD, TNI dan Polsek Tongas bergegas ke lokasi kejadian. 

 

Setibanya di lokasi, petugas gotong-royong mengevakuasi pohon tumbang dengan gergaji mesin. Selang beberapa jam, jalan antar desa itu bisa kembali dilalui warga. 

 

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani melalui Kapolsek Tongas, AKP Mugi menyebut berdasar data yang dihimpun, total ada empat pohon tumbang di wilayah Kecamatan Tongas. Tiga pohon Randu tumbang di Dusun Bulak. Sedangkan satu pohon lain tumbang di Dusun Blok Krajan.

 

“Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang hari ini. Sebab, jalan antar desa sedang sepi aktivitas warga,” ungkapnya kepada Tribratanews Rabu, (01/03/2023).

 

Mugi lalu mengimbau agar masyarakat selalu waspada untuk beberapa hari ke depan. Karena dari informasi BMKG, cuaca ekstrem diperkirakan akan masih terjadi.

 

Berdasarkan release BMKG Tentang Waspada Potensi Angin Kencang Wilayah Jawa Timur tanggal 27 Pebruari hingga 2 Maret 2023, cuaca dalam 1 hingga 2 minggu ke depan berpotensi terjadi angin kencang dan hujan yang berintensitas ringan sampai lebat di wilayah Jawa Timur, khususnya Kabupaten Probolinggo.