SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Dewan Sidoarjo Siapkan Tim Identifikasi Independen Sekolah Rusak

 

(SIDOARJOterkini) – Komisi D DPRD Sidoarjo meminta untuk dibentuknya tim identifikasi sekolah rusak. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya sekolahan di kabupaten Sidoarjo yang kondisinya rusak dan belum tersentuh perbaikan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih, tim identifikasi dibentuk untuk membuat kajian khusus terkait keberadaan sarana dan prasarana sekolah rusak di Kabupaten Sidoarjo, agar perbaikan sekolah yang dilakukan benar-benar tepat sasaran.

“Tim identifikasi harus independen yang di dalamnya ada dari akademisi yang nantinya akan melakukan identifikasi sekolah yang rusak ringan, sedang maupun berat,”ungkapnya.

Abdillah Nasih, Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo 

Dijelaskan Abdillah Nasih yang juga politisi PKB itu, kajian yang menggambarkan kondisi sekolah dari tim identifikasi tersebut akan menentukan skala prioritas perbaikan. Menurutnya, kalau perbaikan dilakukan atas usulan pihak sekolah saja maka data kerusakan bisa jadi kurang valid.

“Dari kajian tersebut akan ada gambaran sekolah mana yang harus segera dilakukan perbaikan, jangan sampai sekolah yang kerusakannya ringan malah didahulukan perbaikannya karena hal tersebut berkaitan dengan penganggaran,”ujarnya.

Karena lanjut Abdillah Nasih, pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah tidak mempunyai kapasitas keilmuan yang bisa menentukan kondisi teknis kerusakan bangunan sekolah, dan harus dipercayakan kepada tim identifikasi tersebut. Selanjutnya kajian itu akan menjadi acuan dinas ketika melakukan survey.

“Sehingga saat dinas pendidikan melakukan survey, sudah ada panduan dari kajian yang sudah dilakukan tim, “ucapnya.

Bangun Winarso, Sekretaris Komisi D DPRD Sidoarjo 

Sementara itu Sekretaris Komisi D DPRD Sidoarjo Bangun Winarso menyatakan, kajian yang akan dilakukan tim khusus tersebut agar pemenuhan sarana prasarana di masing-masing satuan pendidikan itu bisa sesuai dengan rombongan belajar dan skala prioritas.

“Selama ini beberapa pembangunan ruang kelas maupun rehab Karena ada beberapa kasus pembangunan ruang tidak berdasarkan data kebutuhan prioritas sehingga akan terukur pemenuhan Sarpras sesuai RPJMD,”ucap Legislator PAN.

Ditambahkannya, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan rencana pembentukan tim indentifikasi sekolah dengan pihak ketiga.

“Kami tengah persiapkan kajiannya, insya Allah nanti sounding dengan ITS,”ungkapnya.

Hj. Mimik Idayana, Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo

Hal senada disampaikan Anggota Komisi D Mimik Idayana, terkait pembentukan tim identifikasi sekolah merupakan upaya untuk memaksimalkan pembangunan sekolah agar tepat sasaran dan memenuhi skala prioritas.

“Memang sudah seharusnya dibentuk tim identifikasi yang independen agar pembangunan sekolah di Sidoarjo bisa dilakukan lebih maksimal,”tambahnya. (cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Dandim 0816 Sidoarjo Sampaikan Duka Mendalam Saat Pimpin Upacara Pemakaman Alm. Letkol Arh Joko Novriantoro

redaksi

Layanan Gas Bumi PGN, Gaskita Pintar, Siap Layani 154 Ribu Calon Pelanggan di DKI Jakarta

Redaksi Surabaya

Seorang Nenek Alami Luka Serius Usai Tabrakan di Pertigaan Bogem Balongbendo

redaksi