SuaraKawan.com
Jatim Mojokerto

Cegah Penyebaran PMK, Polisi Batasi Mobilitas Hewan Ternak

suarakawan.com, Mojokerto – Upaya pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah hukum Polresta Mojokerto, Petugas Polsek Magersari melakukan pengecekan terhadap sebuah truk mengangkut hewan ternak di Depan Pos Jalan By Pass Kelurahan Gunung Gedangan Kota Mojokerto. Kamis (16/06/2022)

Hal ini dilakukan petugas Polsek Magersari guna meminimalisir penyebaran PMK pada hewan ternak sapi dan kambing di Mojokerto Raya.

“Hasilnya, sebuah truk mengangkut hewan ternak sapi ini dihentikan petugas. sapi-sapi tersebut dalam keadaan sehat sehingga diizinkan melanjutkan perjalanan.” Ucap Kasi Humas Polresta Mojokerto IPTU MK Umam.

“Karena aman dan sehat serta ada surat keterangan sehat sehingga pemilik diizinkan melanjutkan perjalanan. Petugas memberikan pemahaman perlunya pembatasan mobilitas keluar masuk hewan ternak khususnya yang tidak dilengkapi SKSH dari Dinas Peternakan untuk antisipasi penyebaran PMK,” katanya.

Tak hanya dilakukan Personil Polsek Magersari, hal ini juga menjadi atensi Polresta Mojokerto dan Polsek Jajaran.

Selain melakukan penyekatan di wilayah perbatasan Kabupaten Mojokerto dengan Kabupaten Gresik, petugas juga rutin melakukan pengecekan ke kandang dan RPH (Rumah Pemotongan Hewan) di wilayah Mojokerto Raya

Sementara itu, Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan juga menghimbau, “diharap warga tidak perlu panik dan merasa takut untuk melapor ke petugas apabila hewan ternak mereka mengalami penurunan kesehatan dengan ciri – ciri keluar air liur berlebihan, lepuh pada gusi, luka pada kuku atau kuku terlepas, lepuh pada mukosa mulut, lepuh di lidah karena dari dinas Peternakan dan dinas pertanian siap membantu memberikan pertolongan dengan obat dan vitamin.” Pungkasnya.

Related posts

Kapolresta Mojokerto Cek Kebersihan Lingkungan Kerja

Redaksi Mojokerto

Jalin Komunikasi dan Mohon Dukungan Do’a, Kapolda Jatim Silaturahmi ke Ponpes Al Falah Kediri.

redaksi

Polisi Himbau Peternak Agar Lebih Merawat dan Memperhatikan Hewan Ternak Cegah Wabah PMK

Redaksi Mojokerto