SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Capaian Kinerja Bupati Sidoarjo Dalam Kaleidoskop 2022

 

(SIDOARJOterkini) – Kinerja Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dalam merubah wajah kota delta selama kurun waktu memasuki tahun kedua terbilang melebihi ekpetasi publik. Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur menunjukkan progres signifikan. Publik memberikan nilai positif dan menunjukkan optimismenya terhadap kinerja pemerintahan saat ini.

Sepanjang tahun 2022 sejumlah proyek strategis yang sudah dicapai diantaranya proyek Flyover Aloha, Frontage Road, Pelebaran Pertigaan Bangah Aloha, Flyover JPL 64 Krian dan Flyover JPL 79 Tarik serta proyek jalan beton yang dalam 2 tahun terakhir dikerjakan masif.

Proyek Flyover Aloha dan Frontage road dikebut Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor agar kemacetan di bundaran Aloha dan jalan keluar masuk menuju kawasan Bandara Internasional Juanda itu segera terurai. Sedangkan proyek jalan beton memberikan dampak pada kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat. Termasuk proyek Flyover JPL 64 Krian dan JPL 79 Tarik akan mengurai kemacetan di jalan perlintasan sebidang menuju Pasar Krian.

Bupati Muhdlor memastikan proyek jalan beton akan dilanjutkan tahun depan. Targetnya tahun 2024 nanti jalan antar desa mayoritas sudah dibeton. Begitu juga dengan proyek jalan Frontage Road yang ditargetkan tembus Surabaya.

“Sasaran utama pembangunan ini adalah untuk memperlancar aktivitas ekonomi sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid 19,” ujarnya, Kamis 29 Desember 2022.

Dirinya menegaskan, keberpihakannya pada ekonomi kerakyatan adalah yang utama. Oleh karenanya, 17 program prioritas yang sudah tertuang di RPJMD 2021 – 2026 itu saling terintegrasi satu sama lain.

Sektor ekonomi kreatif diberikan ruang lebih dan kemudahan oleh pemkab dalam mengembangkan usahanya. Kemudahan itu diwujudkan dalam bentuk program bantuan modal usaha dan subsidi kredit modal usaha dengan bunga ringan.

“Kebijakan yang kita bangun adalah kebijakan yang berpihak pada kemudahan investasi dan ekonomi kerakyatan. Kemudahan akses jalan adalah salah satu yang mendukung masuknya investor ke Sidoarjo. Dan bantuan modal usaha (Kurma) serta kredit bunga ringan Kurda Sayang adalah program ekonomi kerakyatan yang membantu pelaku UMKM dan ekonomi kreatif berkesempatan mengembangan usahanya,” terangnya.

Ini sejumlah capain kinerja Bupati Sidoarjo sepanjang tahun 2022. Di bidang kesehatan, pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat masuk dalam prioritas Bupati Gus Muhdlor. Peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas ditingkatkan.

Kepala Puskemas se Kabupaten Sidoarjo diminta kerja keras memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Penambahan sejumlah puskesmas tahun 2022 ini bagian dari optimalisasi pelayanan kesehatan dasar masyarakat. Tahun ini 3 puskesmas baru mulai beroperasi. Ketiga puskesmas itu yakni Puskesmas Wonokasian, Puskesmas Tarik 2 dan Puskesmas Tambak Rejo. Ditahun yang sama Bupati Gus Muhdlor menambahlagi 1 unit puskesmas di Urangagung Sidoarjo.

Total ada 31 puskemas yang dimiliki pemkab Sidoarjo. Kemudian ditunjang 56 Puskesmas Pembantu (Pustu) dan 23 Puskemas Keliling. Di tahun ini juga Pemkab Sidoarjo telah resmi memiliki 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Ini setelah dilakukan peresmian RSUD Sidoarjo Barat oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor pada 24 Agustus 2022 lalu.

Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul juga tidak luput dari kerja prioritas Gus Muhdlor. Tahun 2022 ini telah rampung membangun 1 unit sekolah SMP Negeri di Kecamatan Tulangan. Sekarang setiap kecamatan telah memiliki 2 sekolah SMP Negeri. Kecuali Kecamatan Prambon masih dalam proses pembasan lahan untuk dibangun SMP Negeri 2 Prambon.

Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Pendidikan telah beberapa kali membuat gerakan literasi, puncaknya dengan menggelar Festival Literasi Sidoarjo 2022 pada September lalu. Disusul dengan gerakan cinta budaya asli Sidoarjo dengan membuat Udeng Pacul Gowang secara massal oleh seribuan pelajar SMP Negeri 4 Sidoarjo dan menari Ngoyek Kupang secara kolosal oleh seribuan pelajar serta para alumni SMP Negeri 2 Candi.

Penataan sejumlah taman dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) juga dilakukan di sejumlah titik. Termasuk juga membangun Tugu seperti di perempatan Babalayar Ramayana. Tahun ini pemkab telah membangun Taman Ilyushin di Raya Juanda.

Di bidang pencegahan bencana, Gus Muhdlor membangun 5 rumah pompa. Salah satunya rumah pompa depan Lippo Mall Plaza. Empat lainnya berada di kecamatan Tanggulangin di Desa Banjarpanji, Banjarasri, dan Penatarsewu.

Sepanjang 2022 ini Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo menormalisasi puluhan kali yang sudah mengalami pendangkalan. Total ada 86 titik kali/sungai yang dinormlisasi sebagai upaya pencegahan banjir. Dan di tahun ini juga Pemkab membangun lima jembatan. Lokasinya tersebar di beberapa kecamatan. Diantaranya kecamatan Sedati, Waru, Krian, Buduran dan Balongbendo. (cles).

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Danramil 0816/15 Sukodono Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Cangkringsari

redaksi

Bupati Sidoarjo Resmikan Aula Al – Barokah di Ponpes LDII Barokah Sruni Gedangan

redaksi

Pertahankan Predikat WBBM, Kemenkumham Jatim Gelar Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Pembangunan ZI

redaksi