SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Bersama Warga, Pemkab Sidoarjo Gotong Royong Benahi Rumah Rusak Terdampak Puting Beliung

 

 

(SIDOARJOterkini) – Pemkab Sidoarjo bersama warga Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran mulai gotong royong membenahi rumahnya yang rusak akibat diterjang angin puting beliung kemarin. Dusun tersebut menjadi wilayah terparah akibat bencana alam itu. Tampak sejumlah warga dibantu anggota BPBD, Satpol PP, Polisi serta TNI.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, saat mengunjungi kawasan terdampak Senin, (24/10) di Desa Sidokepung mengungkapkan pemerintah selalu hadir saat bencana alam seperti ini terjadi. Pendampingan kepada warga terdampak bencana bukti kehadiran negara. Dalam situasi seperti ini Pemerintah melalui BPBD akan mendirikan tenda serta dapur umum di lokasi terdampak. Sehingga dapat menampung para warga yang membutuhkan tempat istirahat dan makanan. Seperti yang dilakukan pada musibah yang terjadi saat ini.

“Fasilitas yang disediakan pun diusahakan agar dapat mencukupi kebutuhan warga terdampak, yang meliputi genset, obat obatan, vitamin, selimut, serta makanan,”ucapnya.

Bupati berharap adanya percepatan perbaikan agar warga dapat segera menempati rumahnya masing-masing dengan layak. Oleh karenanya ia meminta gotong royong dilakukan. Ia yakin dengan gotong royong, permasalahan akan terselesaikan dengan cepat.

”Saya minta untuk gotong royong, saling membantu agar semua warga bisa tinggal dirumah masing masing dengan kondisi layak,” ucapnya.

Seperti diketahui angin kencang di Sidoarjo kemarin Minggu (23/10) mengakibatkan 294 rumah di tiga kecamatan mengalami kerusakan. Terparah di Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran. Saat ini warga dibantu oleh aparat gabungan mulai membenahi rumah yang rusak akibat angin kencang tersebut.

“Kami dibantu aparat gabungan  mulai membenahi rumah warga yang rusak, akibat angin kencang kemarin Minggu,” kata Fahrudin warga RT 23 Dusun Mlaten Sidokepung.

“Yang jelas kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dari aparat gabungan juga Pemkab Sidoarjo, yang membantu membenahi rumah warga,” jelas Fahrudin.

Di lokasi yang sama, Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan, saat ini pihaknya bersama instansi terkait juga sudah melakukan pendataan awal untuk mengetahui total kerusakan.

“Untuk sementara tercatat ada 294 rumah mengalami kerusakan yaitu Desa Sidokepung 264 rumah, Desa Entalsewu 21 rumah, Desa Tanjungsari 2 rumah dan Desa Janti 3 rumah,” kata Dwijo dilokasi.

Petugas BPBD Kabupaten Sidoarjo sudah melakukan assessment di lokasi kejadian, berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, dan melakukan pembersihan pohon tumbang yang menutup akses jalan.

“Sementara terkait posko yang sudah didirikan pada Minggu malam, difokuskan terlebih dahulu untuk penerimaan sembako yang nantinya akan diolah langsung oleh bagian dapur umum, untuk disalurkan ke warga,” jelasnya.(cles)

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Maraknya PMK di Jawa Timur, Kapolresta Mojokerto : Jumlah Kesembuhan Sapi Terkena PMK Kian Meningkat

Redaksi Mojokerto

Babinsa Koramil 0816/10 Balongbendo Pantau Mediasi Antara Warga Kemangsen Dengan Pengembang Perumahan

redaksi

Kapolda Jatim Mengecek Pelaksanaan Test Kesamaptaan Jasmani Seleksi Penerimaan Bintara Polri Gelombang II T.A. 2022

Redaksi Mojokerto