SuaraKawan.com
Trenggalek

Antisipasi Gangguan Keamanan Ibadah Natal, Polres Trenggalek Terjunkan Tim Sterilisasi

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian bersama dengan stakeholder terkait all out mengamankan perayaan Natal disejumlah gereja di Kabupaten Trenggalek. Anggota Kepolisian bumi menak sopal ini disebar untuk memastikan ibadah Natal berlangsung aman dan lancar. Sabtu, (25/12).

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. yang memimpin langsung jalannya pengamanan menyatakan situasi dan kondisi Kamtibmas Kabupaten Trenggalek selama perayaan Natal dalam keadaan kondusif.

“Proses pengamanan sudah kita laksanakan sejak operasi Lilin Semeru secara resmi digelar. Kemarin kita amankan ibadah Natal di gereja Santa Maria. Sedangkan hari ini ada 21 gereja yang kita amankan. 9 diantaranya di kota Trenggalek.” Ungkap AKBP Dwiasi.

Sejak pagi hari, sejumlah personel Kepolisian terpantau sudah berada di gereja-gereja. Sebelum kegiatan ibadah dimulai, pertugas melakukan sterilisasi dan penyisiran pada area gedung, ruangan hingga halaman gereja.

Bukan itu saja, petugas bersama dengan pemuda gereja setempat juga melakukan pemeriksaan terhadap orang, kendaraan maupun barang bawaan jemaat menggunakan metal detector. Selain itu, setiap jemaat diwajibkan melalui pemeriksaan suhu tubuh dan mengenakan masker. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Ditambah dengan munculnya varian baru yakni Delta dan Omicron, personel pengamanan diberikan tugas tambahan yakni mengawasi penerapan protokol kesehatan seperti memastikan sudah terpasang barcode aplikasi peduli lindungi dan jemaat tidak melebihi 50% dari kapasitas ruangan. Sehingga aspek keamanan dan kesehatan dapat berjalan beriringan.” Imbuhnya

Sementara itu, terkait dengan antisipasi lonjakan mobilitas masyarakat saat Nataru, perwira menengah yang lama bertugas di bidang reserse kriminal ini menuturkan, pihaknya telah mendirikan pos pemantauan di 5 lokasi yakni Pos Agropark, Simpang empat Durenan, Pos Prigi Watulimo yang berfungsi sebagai pengamanan lokasi wisata, perbatasan Panggul – Pacitan dan perbatasan Tugu – Ponorogo.

Khusus di lokasi wisata, lanjut AKBP Dwiasi, akan dilakukan penebalan personel pengamanan dengan backup dari anggota Polres Trenggalek. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi kerumunan sekaligus turut melakukan pengawasan protokol kesehatan.

AKBP Dwiasi menambahkan untuk kegiatan pengamanan ibadah Natal di gereja-gereja se Kabupaten Trenggalek pihaknya menyiapkan sedikitnya 262 personel. Sedangkan khusus wilayah kota Trenggalek 35 personel.

“Alhamdulillah. Sejauh ini situasi keamanan di Kabupaten Trenggalek kondusif. Ini berkat kerja keras kita semua.” Pungkasnya.

Related posts

Gowes Bareng, Kapolres Trenggalek Beri Bantuan ke Warga

Redaksi Mojokerto

Kapolres Trenggalek Pimpin Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat Pengabdian

Wong Nggalek

Pastikan Lancar, Wakapolres Trenggalek Tinjau Vaksinasi Bagi Mahasiswa

Wong Nggalek