Yenny Wahid Gerakkan Gerbong Kiai Kampung Melawan Hoax

177 views

Surabaya (Suarakawan.com) – Putri Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh atau karib disapa Yenny Wahid menggerakkan gerbong kiai kampung untuk melawan gelombang hoax di tengah masyarakat. Pelibatan figur kiai kampung, menurut Yenny Wahid, sangat tepat sebagai penangkal hoaks karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah.
“Akses kiai kampung langsung bersentuhan dengan masyarakat dan bisa bersosialisasi secara door to door,” kata Yenny saat melantik Forum Kiai Kampung Nusantara (FKKN) Jawa Timur, di Surabaya, tadi malam.

Informasi hoax, kata dia, menyebar marak jelang momentum Pilpres 2019. Dampak dari informasi hoax itu, menurutnya, memiliki daya rusak yang luar biasa di tengah-tengah masyarakat.

“Kehidupan masyarakat bisa saling mencurigai, tidak proporsional, bahkan bisa memicu gesekan, meskipun pilpres sudah selesai,” ujarnya.

Perbedaan pandangan politik dalam berdemokrasi, kata Yenni, adalah hal wajar, namun hendaknya semua pihak tidak berlebihan menyikapi perbedaan sudut pandang itu.

“Pilpres hanya instrumen demokrasi dalam mencari pemimpin,” katanya.(kcm/ziz)

hoax

Posting Terkait