SuaraKawan.com
Politik

WUJUDKAN WTP, INSPEKTORAT KPU RI REVIU LAPORAN KEUANGAN DI WILAYAH JAWA TIMUR

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komitmen wujudkan opini laporan keuangan yang Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di lingkungan KPU, Inspektorat KPU RI melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan serta reviu laporan keuangan Semester II Tahun Anggaran 2020 (Unaudited) di wilayah Jawa Timur. Kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan mulai hari ini, Rabu sampai dengan Sabtu, tanggal 3-6 Februari 2021 di kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Penyusunan laporan keuangan serta reviu laporan keuangan Semester II Tahun Anggaran 2020 (Unaudited) melibatkan Sekretaris/ KPA, Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom), Bendahara APBN, Bendahara Hibah, operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) dan operator Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) KPU Jatim dan 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Tim AKLAP SAI KPU RI, Risma pada sesi pembukaan dan pengarahan menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung sebagai bagian dari penyusunan laporan keuangan Semester  II di tahun 2020 yang akan disampaikan paling lambat tanggal 28 Februari 2020.

“Dari hasil mitigasi awal permasalahan pada catatan e-Rekon Kemenkeu masih terdapat beberapa permasalahan diantaranya masih terdapat pagu minus, masih terdapat saldo tidak normal, keterlambatan pengesahan SP2HL (Surat Perintah Pengesahan Hibah Langsung-red) sampai dengan adanya rotasi Operator SAIBA,” ungkap Risma.

Bersama dengan hal tersebut, Tim Inspektorat KPU RI, Irwan Katili menjelaskan bahwa pihaknya hanya mereviu laporan keuangan Semester II sesuai dengan satker masing-masing. Selain itu dan ada tambahan, yaitu penilaian Pengendalian Intern atas Pengendalian Keuangan (PIPK) untuk memberikan keyakinan bahwa laporan keuangan yang disusun telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.

“Detailnya akan kami cek sejauh mana kemudian jika terdapat permasalahan akan diperbaiki bersama,” jelas Irwan.

Reviu ini menurut Sekretaris KPU Jatim, Nanik Karsini sebagai salah satu komitmen KPU untuk mewujudkan laporan keuangan yang WTP.

“Jadi Kita harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin sebagai sarana untuk memperbaiki laporan yang kurang tepat penyusunannya. Sehingga laporan Kita dari tahun ke tahun semakin lebih baik dan akuntabel,” pungkas Nanik dengan penuh harap.

(ANNY/AACS/ Fto. Deny)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Jawa Timur Selenggarakan Rakor Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) Serentak Bersama KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur

redaksi

4 ORANG PESERTA SELEKSI JABATAN ESELON II.a IKUTI TES ASSESSMENT DI KPU JATIM

redaksi

KPU Surabaya Gelar Fasilitasi Pendidikan Pemilih Di Kelurahan Ketabang

redaksi