SuaraKawan.com
Terkini

Tinjau kesiapan TPS, Kapolres Trenggalek Dorong Warga Salurkan Hak Pilih

Polres Trenggalek – Jajaran Forkopimda meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Trenggalek. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat secara langsung bagaimana kesiapan dan persiapan TPS menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Selasa, (13/2).

Nampak hadir dalam rombongan tersebut antara lain, Bupati Trenggalek, H. M. Nur Arifin, Wakil Bupati Syah Muhammad Nata Negara, S.H., Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono S.H., S.I.K., M.Si., Dandim 0806/Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., Kajari Trenggalek Muhammad Akbar Yahya, S.H., M.H., Ketua Bawaslu Kab Trenggalek, Rusman Nuryadin, SPd.I serta sejumlah kepala OPD.

Dengan mengendarai sepeda kayuh, rombongan berangkat bersama-sama dari Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek dan bergerak menuju TPS 03 Kelurahan Surodakan, dilanjutkan ke TPS 11 Kelurahan Sumbergedong.

Dalam kesempatan tersebut rombongan Forkopimda disambut hangat oleh masing-masing KPPS dan menyampaikan tentang kesiapan TPS dalam ranga tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang akan digelar esok hari.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut mengatakan, dari hasil pemantauan malan ini, logistik Pemilu 2024 telah sampai di TPS masing-masing dan sudah ditata sedemikian rupa sesuai dengan regulasi dan aturan yang ada.

“Alhamdulillah, semua sudah siap, baik personel maupun logistik Pemilu. Petugas pengamanan baik dari Polri, TNI dan Linmas juga sudah berada di lokasi.” Jelasnya.

Untuk mengamankan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 ini lanjut AKBP Gathut, Polres Trenggalek menerjunkan sedikitnya 475 personel dan 321 orang diantaranya merupakan petugas pengamanan di TPS.

Disinggung terkait dengan situasi dan kondisi keamanan menjelang hari pemungutan suara, AKBP Gathut menegaskan sampai saat ini wilayah Kabupaten Trenggalek relatif kondusif dan tidak terdapat kejadian menonjol.

Namun demikian, pihaknya menekankan tidak boleh underestimate. Oleh sebab itu, Polres Trenggalek bersama Kodim 0806 bersinergi bersama stakeholder lainnya tetap meningkatkan kewaspadaan dengan mempertebal patroli skala besar untuk mengantisipasi berbagai kerawanan yang dapat mengganggu atau menghambat Pemilu 2024.

“Sejak beberapa hari terakhir sudah kita gelar patroli skala besar gabungan. Malam ini kita pertebal baik tingkat Polres maupun Polsek jajaran. Kita pastikan kondusivitas Kamtibmas tetap terjaga dengan baik.” Pungkasnya.

Tak ketinggalan, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Trenggalek untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 ini dan mengimbau untuk hadir dan menyalurkan suaranya sesuai dengan pilihan dan hati nurani di TPS masing-masing.