Tingkatkan Profesionalisme, Polres Trenggalek Gelar Pelatihan Fungsi Kepolisian

23 views

Polres Trenggalek – Kepolisian dengan motto Promoter yang dicanangkan oleh Kapolri terus menggalakkan berbagai program unuk meningkatkan kompetensi personelnya sesuai dengan bidang dan tugas pokok yang diemban oleh masing-masing satuan fungsi.

Untuk mencapai hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar berbagai pelatihan. Salah satunya adalah pelatihan peningkatan kemampuan fungsi menggunakan metode VCD-TOT. Metode ini diterapkan menggunakan perangkat audio video yang didukung dengan materi berdasarkan silabus yang telah ditetapkan. Senin (30/9).

“Peningkatan kemampuan personel baik perorangan maupun unit tidak hanya didapat dari pendidikan formal seperti di Lemdik tetapi bisa dilakukan secara mandiri melalui pelatihan. Nara sumber kita ambilkan dari anggota yang memang secara kualifikasi benar-benar kompeten dibidangnya.” Ujar Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. saat ditemui tim redaksi di Mapolres usai melaukan tugas pengamanan aksi longmarch di gedung DPRD Trenggalek.

Masih kata AKBP Jean Calvijn, tujuan utama dari pelatihan tersebut adalah meningkatnya wawasan, pengetahuan, teknis dan taktis personel. Dengan begitu, kualitas individu akan meningkat dan jalan menuju profesionalisme akan terbuka dengan sendirinya.

Sementara itu, Kabagsumda Kompol Suprapto, S.H. menuturkan, Pelatihan tersebut melibatkan seluruh personel baik Polres maupun Polsek sesuai dengan giliran fungsi masing-masing. Sedangkan pemateri atau instruktur diambilkan dari anggota Satuan fungsi pembina di tingkat Polres.

 “Pelatihan dilaksanakan secara bergiliran setiap seminggu sekali. Hari ini kebetulan giliran dari Satintelkam” Tutur Kompol Suprapto.

Dalam pelatihan tersebut bertindak sebagai tenaga instruktur adalah Kaurbinops Satintelkam Iptu Wayan Sumantra, S.H. yang memberikan materi terkait dengan tehnik dasar intelijen dan Kaurmintu Satintelkam Aiptu Misgianto, S.H. yang menyampaikan materi terkait dengan tata administrasi dan laporan yang berlaku di satuan intelijen keamanan Polri.

Polres Trenggalek

Posting Terkait