Tingkatkan Partisipasi Perempuan, KPU Sosialisasi Ke Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur

Hupmas, SURABAYA – Jumat siang (21/12/2018), KPU laksanakan sosialsiasi dan pendidikan pemilih berbasis pemilih perempuan ke Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Timur.

Acara yang diikuti kurang lebih 50 (lima puluh) peserta berlangsung di Ruang rapat lt. 1 Gedung Muhammadiyah Jawa Timur. Melalui kegiatan sosialisasi yang menyasar perempuan, diharapkan mampu mendorong partisipasi perempuan dalam Pemilu Serentak 2019.

Bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi ini adalah anggota KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nurul Amalia. Dalam sosialisasi dijelaskan mengenai jenis pemilih yang nanti berhak memilih, seperti Pemilih yang terdaftar dalam DPT, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan pemilih yang punya hak pilih namun belum terdata dalam DPT atau disebut dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Selain itu juga ditunjukkan spesimen surat suara yang akan digunakan ketika pemilu nanti, baik surat suara pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kab/kota, dan surat suara DPD. Pembedanya bisa dilihat dari warna surat suara, warna yang untuk presiden abu-abu, DPR RI warna kuning, DPRD Provinsi warna biru, DPRD Kab/Kota warna hijau, dan DPD dengan warna merah.

“Dalam pemilu nanti akan ada 5 (lima) jenis surat suara, mulai Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kab/kota, dan DPD, jadi harus teliti, meskipun warnanya sudah sesuai, namun dilihat isinya sudah sesuai dengan dapilnya. Kalau tidak sesuai bisa minta ditukar ke KPPS,” jelas Nurul Amalia dalam penjelasannya.

Selain sosialisasi dari KPU Surabaya, acara digabung dengan diskusi dengan tema “Politik Uang dan Distribusi Dalam Demokrasi di Indonesia” dengan pembicara Awang Dharmawan dari Universitas Negeri Surabaya.

Acara sosialsiasi ditutup dengan penyerahan cinderamata dari KPU Surabaya yang diwakili oleh Nurul Amalia dan foto bersama dengan peserta. (guh/esar)